ASRAMA HAJI - Suasana Asrama Haji Transit Palu di jalan WR Supratman, Selasa, 9 Juli 2019. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumentasi Haji, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, H Arifin mengungkapkan, Asrama Haji Transit Palu terus dibenahi untuk persiapan pemberangkatan haji tahun 1440 H/2019 M.

“Selain pemeliharaan rutin, hal utama yang menjadi perhatian pada asrama haji adalah kesediaan air bersih, kesedian penerangan (listrik PLN atau genset), kipas angin atau AC, tempat tidur, bantal, kamar mandi atau toilet dan kebersihan lingkungan Asrama Haji,” kata Arifin melalui ponselnya, Selasa, 9 Juli 2019.

Insya Allah kata Arifin, pada H-7, pihaknya akan melakukan final cek Asrama Haji Transit Palu guna memastikan kesiapan untuk digunakan oleh para jamaah.

“Seminggu sebelum hari H final check sudah akan dilakukan,” ungkapnya.

Arifin mengatakan, untuk kapasitas daya tampung Asrama Haji Transit Palu berjumlah 455 tempat tidur atau bad untuk satu kloter.

“Beberapa fasilitas masih perlu pembenahan, diantaranya air bersih yang rusak atau dicuri dan beberapa tempat tidur atau bad perlu diganti atau direparasi,” ujarnya.

Sementara itu, Arifin menngungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti hasil penetapan atas lelang penerbangan domestic maupun pemenang layanan konsumsi haji Sulteng.

H Arifin. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

“Terkait dengan hal tersebut, maka jadwal masuk asrama haji dan nama maskapai penyedia layanan angkutan udara dan konsumsi di asrama haji belum dapat diinformasikan,” katanya.

Dia berharap secepatnya ditetapkan penyedia layanan transportasi dan konsumsi yang dimaksud agar proses administrasi terkait hal itu segera diselesaikan.

Tahun ini, sebanyak 2.250 jamaah calon haji (JCH) Sulteng siap diberangkatkan. Berbeda tahun sebelumnya, tahun ini JCH Sulteng dibagi dalam lima kloter full.

“Seharusnya jumlah kuota tahun ini sebanyak 2.000 orang. Namun, karena ada tambahan dari Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia sebanyak 10.000, Sulteng kebagian sebanyak 250 orang,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Dr Rusman Langke.

Dia berharap, 2.250 JCH Sulteng  itu bisa berangkat semua tahun ini, karena jika tidak berangkat nanti bisa mempengaruhi kuota yang ada di tahun-tahun berikutnya.

Rusman mengatakan, sejumlah tahapan pemberangkatan sudah siap. Termasuk Asrama Haji Transit Palu, juga sudah dipersiapkan. 

“Insya allah JCH masuk di Asrama Haji Transit Palu tanggal 24 Juli 2019, para JCH ketika sudah di asrama haji akan langsung diberangkatkan ke Balikpapan, kemudian langsung diberangkatkan ke Jeddah,” kata Rusman.

Kloter pertama JCH Sulteng yang akan diberangkatkan ke Balikpapan pada 25 Juli 2019 adalah kloter 7, terdiri dari JCH asal Kota Palu 320 orang, Morut 70, dan Balut 33. Total seluruhnya sebanyak 450 JCH ditambah petugas haji sebanyak lima orang. Sehari sebelum berangkat, mereka akan masuk asrama haji Transit Palu pada 24 Juli 2019.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas