Home Pendidikan

Kadis: Jangan Persulit Pendaftar Soal KK

236
Irwan Lahace. (Foto: Dok Metrosulawesi)
  • PPDB 2019

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah Irwan Lahace menekankan kepada empat sekolah besar di Palu yakni SMA Negeri 1 Palu, SMAN 2 Palu, SMAN 3 Palu dan SMAN 4 Palu, jika ada pendaftar asalnya dari wilayah terdampak seperti Petobo dan Balaroa, jangan di persulit soal Kartu Keluarganya (KK).

“Saya kira jika ditanya tentang KK nya itu sangat menyakitkan, sebab kita ketahui bahwa di wilayah tersebut sangat parah, karena terdampak likuifaksi,” kata Irwan di Palu belum lama ini.

Irwan mengatakan, pihaknya telah meminta langsung kepada Mendikbud RI sebanyak dua kali untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di wilayah Palu, Sigi dan Donggala agar diperlakukan secara khusus, sebab tidak bisa dipungkiri, wilayah ini sangat terdampak bencana.

“Contohnya di SMAN 1 Banawa, sebanyak 21 ruangannya hancur, begitupun di Sirenja dan SMKN 1 Sigi, pasti semua ada imbasnya. Untuk daya tampung, jika di sekolah swasta banyak yang bisa menampung siswa di daerah perkotaan, yang lagi polemik ini di daerah luar, karena swastanya mahal, negerinya terbatas,” katanya.

Selain itu Irwan menegaskan kepada sejumlah sekolah yang menerapkan zonasi bahwa peserta didik yang masuk radius (jarak) paling dekat dengan sekolah harus diterima, tidak boleh ditolak.

“Hingga saat ini laporan masyarakat terkait permasalahan  PPDB tidak ada, olehnya itu pelaksanaan PPDB di jenjang SMA/SMK berjalan lancar,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas