SIAP HUNI - Pembangunan Huntap Yayasan Buddha Tzu Chi di Kelurahan Tondo, Kota Palu terus dikebut, Senin, 1 Juli 2019. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 88 unit Hunian Tetap (Huntap) yang dibangun Yayasan Buddha Tzu Chi di Kelurahan Tondo, Kota Palu siap dihuni pada Agustus mendatang. Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Sarpin mengungkapkan pengerjaan Huntap kini dikebut dengan melibatkan masyarakat lokal.

“Sebenarnya lalu kalau tidak ada kendala dengan lahan sudah selesai sebelum lebaran. Selain itu sempat tertunda karena lebaran, semoga tidak ada lagi kendala, bulan depan sebanyak 88 unit sudah siap dihuni,” ungkap Sarpin saat ditemui usai mendampingi kunjungan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Wiranto di Palu, Senin, 1 Juli 2019.

Untuk Kelurahan Tondo, Yayasan Buddha Tzu Chi diberikan lokasi pembangunan Huntap mencapai 34,2 hektare. Lokasi tersebut akan dibangunkan sebanyak 1.500 Huntap secara bertahap.

Pembangunan tahap pertama 1.000 unit ditarget dengan durasi 9 bulan hingga 1 tahun. Diupayakan hingga 2020 mendatang 1.000 unit Huntap bisa selesai dibangun tahap pertama. Adapun sisanya 500 unit dibangun usai menuntaskan pembangunan tahap pertama.

Huntap yang dibangun Yayasan Buddha Tzu Chi setara rumah tipe 36 dengan fasilitas 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, kamar mandi dan dapur. Selain itu, area Huntap juga dilengkapi fasilitas umum pendidikan, taman bermain anak, pusat olahraga dan sarana ibadah.

Pembangunan Huntap melibatkan berbagai pihak termasuk warga lokal sebagai upaya pemberdayaan. Donatur untuk membantu pembagunan Huntap kata Sarpin datang dari berbagai yayasan dan perorangan.

“Kita semua berharap tahun depan sudah selesai 1.000 unit biar segera dihuni masyarakat,” ucap Sarpin.

Terkait masyarakat calon penghuni Huntap, Sarpin menuturkan akan diseleksi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bersama Yayasan Buddha Tzu Chi. Sementara terkait penyediaan listrik dan air bersih menjadi tanggungjawab Pemkot Palu.

Yayasan Buddha Tzu Chi kata Sarpin hanya membantu pembangunan rumah, sementara listrik dan air bersih disiapkan pemerintah melalui instansi terkait. Huntap diperuntukkan bagi korban terdampak bencana gempabumi, tsunami dan likuifaksi di wilayah Kota Palu.

“Kalau untuk jumlah jiwa atau KK calon penghuni Huntap disini Pemkot Palu yang tahu,” tandas Sarpin.

Reporter: Michael Simanjuntak, Syamsu Rizal
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas