Kegiatan Bazar murah yang dilaksanakan di depan Mapolda Sulteng Jalan Samratulangi Kota Palu. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kegiatan bazar murah yang digelar oleh Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah di Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 73.

Ini dilakukan agar dapat meringankan beban masyarakat Kota Palu dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga murah. Acara tersebut digelar di depan Mapolda Sulteng, Jalan Samratulangi Nomor 78 Kelurahan Besusu Tengah, Kecamatan Palu Timur.

Ketua Panitia, Kombes Pol Arief Agus Marwan menjelaskan sudah menjadi tradisi di kepolisian menggelar sejumlah kegiatan dalam menyambut HUT Bhayangkara. Menurutnya, berbagai jenis kegiatan sosial telah dilaksanakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dan jajaran termasuk Polda Sulteng.

“Kegiatan tersebut meliputi pembinaan tradisi, pengabdian Polri kepada masyarakat dan berbagai macam perlombaan, termasuk kegiatan bazar murah yang dilaksanakan Polda Sulteng, semua ini sebagai ajang silahturahmi antara polisi dan masyarakat, maupun dapat meringankan beban masyarakat dalam berbelanja,” jelasnya belum lama ini, Sabtu (29/6/2019).

Salah satu distributor CV Belona Mandiri,Wayan Mastra mengatakan telur yang dijualnya dengan harga murah itu bervariatif sesuai ukuran mulai dari Rp36 hingga Rp43 per rak.

“Telur yang kita jual tiga ukuran jumbo, sedang dan kecil, kami siapkan sekitar 200 rak atau modal Rp8 juta,” katanya.

Sementara itu, telur didatangkan dari Desa Kalubula Kabupaten Sigi. Menurutnya, tingkat pembelian masyarakat cukup lumayan antusias untuk berbelanja di kegiatan bazar murah.

“Tingkat pemasaran kami sampai keluar kota di Kabupaten Parigi Moutong. Para pedagang mengambil dengan harga per partai kurang lebih sekitar 200 – 300 rak.

Lain halnya dengan Irwan, salah satu pedagang yang menjajakan bawang merah dan bawang putih dengan harga Rp30 ribu/ kg di kegiatan Bazar murah. Menurutnya, harga normal dari bawang merah Rp35 – Rp38 ribu per kilogram. Sedangkan, untuk bawang putih dikisaran Rp35 ribu perkilogram.

“Bawang putih saya sediakan 10 karung atau kisaran 18-19 kilogram, untuk bawang merah sekitar 28 karung atau ukuran 25 kilogram/karung,” terangnya.

Ia mengungkapkan Bawang merah yang dijualnya didatangkan dari daerah Bima Nusa Tenggara Barat. Sedangkan, bawang putih langsung impor melalui Kota Surabaya Jawa Timur.

“Antusias masyarakat sangat banyak untuk membeli, kita juga sampai kewalahan tangani pembeli,” ungkapnya.

Sementara itu, harga Beras premium ukuran 5 kg dijual Rp50 ribu/pcs. Harga gula pasir sekitar Rp11.500/ kg, Tepung terigu ukuran 1 kg dijual dengan harga Rp15 ribu 2 bungkus. Sedangkan, Minyak goreng berbagai jenis sekitar Rp10.500/liter.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas