SANG JUARA - Rektor Prof Dr Ir Mahfudz MP didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Ir Sagaf MP dan Kepala Biro BAKP Rudy Gosal SE M.Si foto bersama Tim Robotech Untad di Ruang Kerjanya, Kamis, 27 Juni 2019. (Foto: Dok Humas Untad)

Palu, Metrosulawesi.id – Untuk pertama kalinya, prestasi tingkat nasional diukir oleh mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) bidang robotik kategori robot seni tari baru-baru ini. Tim Robotech Untad yang berhasil meraih juara III tingkat nasional dari kejuaraan Kontes Robot Indonesia Devisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang pada 20-23 Juni 2019.

Rektor Untad Prof Dr Ir Mahfudz MP berkesempatan menerima kunjungan Tim Robotech Untad yang berhasil meraih juara III tingkat nasional, Kamis, 27 Juni 2019.  Dalam pertemuan tersebut, Prof Mahfudz yang turut didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Ir Sagaf MP dan Kepala Biro BAKP Rudy Gosal SE M.Si mengapresiasi pencapaian tim Robotech Untad.

“Alhamdulillah atas prestasi yang berhasil terukir dibidang robotik seni tari tingkat nasional yang diikuti sebanyak 64 perguruan tinggi se Indonesia. Saya pribadi sangat bangga atas pencapaian Tim Robotech Untad yang berhasil menorehkan prestasi untuk Universitas Tadulako ditingkat nasional,” ucap Prof Mahfudz.

Prof Mahfudz mengaku telah mengetahui track record tim robotic Untad sejak masih menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan. Prestasi serupa diharapkan dari para mahasiswa dengan pribadi yang inovatif, kreatif dan berprestasi.

“Saya pun sangat mengapresiasi tim ini karena berasal dari berbagai jurusan/fakultas sehingga berbagai keilmuan dapat digunakan selama proses mengikuti seleksi tingkat nasional tersebut. Besar harapan saya agar pencapaian ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk ikut mengukir prestasi,” ujar Rektor.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan Tim Robotech Untad menuturkan bahwa pencapaian yang dipersembahkan merupakan yang terbesar mengingat telah 10 tahun Tim Robotic Untad berdiri.

Selama 10 tahun berdiri, barulah pada tahun ini Tim Robotech Unt dapat mencapai juara III tingkat nasional yang diikuti  64 universitas se Indonesia. Diucapkan terimakasih kepada Untad yang terus mendukung perjalanan Tim Robotech selama ini. Diharpakan pula dukungan dapat terus ditingkatkan agar inovasi yang diciptakan semakin baik dan maksimal kedepannya. Diakhir pertemuan, Rektor Untad kemudian memberikan ucapan selamat serta hadiah berupa bantuan uang tunai kepada Tim Robotech Untad yang telah berprestasi ditingkat nasional. Tim Robotech Untad sendiri berasal dari berbagai fakultas/jurusan yaitu jurusan teknik elektro yakni I Made Rupawan, Venna Anadya Apryana, dan Ikhwal Syukur. Mahendra Pratama Putra jurusan teknik informatika, Fadila jurusan pendidikan fisika, dan Dista Sari Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Untad.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas