Pelayanan di Kantor Pegadaian Persero Cabang Talise. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Masalah keuangan yang melanda dan datang dalam hidup seseorang tak jarang bisa membawa dampak yang buruk secara meluas. Namun, masalah tersebut bisa diatasi dengan mendatangi kantor Pegadaian terdekat.

Manager Penjualan PT Pegadaian Persero Area Palu, Nurmubin Husin saat dikonfirmasi Metrosulawesi beberapa hari lalu, mengatakan berbagai alternatif solusi ditawarkan oleh beragam pihak, mulai dari yang bersifat pinjaman hingga permanen. Mulai dari yang konvensional, sampai pada sesuatu yang mutakhir dan berbasis teknologi tinggi.

“Semua berakar pada satu kepentingan untuk memecahkan masalah keuangan yang mungkin datang dan melanda seseorang. Pegadaian sebagai sebuah lembaga pemberi pinjaman dengan sistem gadai telah ada dan berkembang di masyarakat sejak waktu yang lama,” katanya.

Sebagai sebuah lembaga, kata dia, Pegadaian adalah satu institusi BUMN atau Badan Usaha Milik Negara, yang memang bertujuan untuk menjadi lembaga penyedia pinjaman Mikro dan Menengah dengan cara pinjam gadai.

“Untungnya, kini hadir Pegadaian yang memberikan alternatif penyelesaian terutama bagi masyarakat yang sedang membutuhkan dana besar tanpa harus kehilangan harta pribadi,” ucapnya.

 Sedangkan, cara tersebut adalah untuk mendapatkan pinjaman dalam bentuk sejumlah uang dengan memberikan jaminan kepada pihak pemberi pinjaman dalam bentuk barang sekaligus surat berharga yang menyertainya.

“Cara ini tentu berbeda dengan sistem pinjaman di bank yang menerapkan sistem pinjaman dengan agunan surat berharga, sedangkan barangnya tetap bisa di pergunakan,” ujarnya.

Sementara itu, barang yang dapat dijadikan jaminan peminjaman uang di Pegadaian seperti, Televisi, Lemari Pendingin/Kulkas, Laptop, Smartphone, Emas, serta tentunya Kendaraan Bermotor baik Roda Empat atau Roda Dua.

“Untuk syarat gadai serta barang seperti apa yang masuk dalam kriteria barang jaminan gadai yang diterima pegadaian, Sama seperti lembaga lainnya yang memiliki ciri khas, Pegadaian pun mempunyai karakteristik yang membedakannya dengan bank atau lembaga keuangan lainnya,” jelasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas