Agussalim Wahid. (Foto: Ist)
  • Pilwakot 2020

Palu, Metrosulawesi.id – Kota Palu akan menggelar Pemilihan Walikota (Pilwakot) tahun 2020 mendatang. Tahapannya diperkirakan mulai September 2019, untuk itu KPU Kota Palu mulai menyusun anggaran Pilwakot tahun depan.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, kepada wartawan Sabtu (22/6) mengatakan, salah satu fokus anggaran Pilwakot 2020 adalah menaikkan tunjangan untuk panitia ad hoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Saat ini kami tengah menyusun anggaran untuk Pilwakot 2020. Berkaca pada Pemilu 2019, begitu berat tugas teman-teman ad hoc namun tidak seimbangan dengan tunjangan yang diberikan kepada mereka, maka untuk Pilkada nanti kami berharap panitia ad hoc mendapatka tambagan pendapatan sesuai dengan beban kerja mereka,” tutur Agussalim usai memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) metode penghitungan suara menjadi kursi kepada partai politik.

Menurut Agus, pernana PPK dan PPS sangat strategis dalam mensukseskan pemilihan kepala daerah. Dengan beban kerja yang besar, perlu diimbangi dengan pendatan yang sesuai. Olehnya, dalam anggaran yang tengah disusun, KPU Kota Palu memberikan porsi yang sesuai dengan tugas-tugas PPK dan PPS.

“Sebagai ujung tombak tahapan Pilkada, tugas PPK dan PPS sangat besar dalam mensukseskan Pilwakot nanti. Kami berharap usulan anggaran yang segera diajukan ke Pemkot Palu mendapat persetujuan sebagaimana besaran anggaran yang diajukan,” ujar Agussalim.

Lanjut Agus sapaan akrabnya, begitu tahapan sudah dimulai maka KPU Kota Palu langsung bekerja, mulai dari perbaikan data pemilih hingga nanti pada hari pemungutan suara. Dengan persiapan yang baik dan matang, Agus optimis pelaksanaan Pilwakot 2020 berjalan sukses dengan partisipasi yang tinggi. Menurutnya, dalam waktu tidak terlalu lama usulan anggaran segera disampaikan kepada Pemkot Palu. Meskipun tengah menyusun anggaran, namun Agus belum bisa memastikan berapa nominal yang dibutuhkan karena masih dalam tahap finalisasi.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas