H Muhammad Isnaeni. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)
  • Gelar Manasik di KUA Kecamatan

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Palu, H Muhammad Isnaeni mengungkapkan, setelah melewati tahap pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), Jamaah Calon Haji (JCH) akan memasuki tahapan manasik.

“Untuk manasik, sebagian JCH Kota Palu telah mengikuti manasik yang notabenenya jamaah yang tergabung dalam bimbingan di sejumlah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Karena dari 724 JCH Kota Palu yang tergabung di KBIH sekitar 500-an orang. Jadi yang belum melakukan manasik sekitar 200-san,” kata Isnaeni di Palu melalui ponselnya, Minggu, 23 Juni 2019.

Isnaeni juga mengatakan, dalam waktu dekat ini, JCH Kota Palu yang berjumlah sekitar 724 orang ini akan diikutkan manasik yang digelar oleh Kemenag Kota Palu, bukan digelar oleh pihak swasta atau KBIH.

“Olehnya diharapkan jamaah harus mengikuti manasik. Karena manasik ini merupakan modal pengetahuan bagi jamaah, agar mereka di tanah suci tidak awam dan kebingugan. Selain itu jamaah melaksanakan ibadah haji lebih maksimal, karena telah mengikuti manasik,” ujarnya.

Isnaeni mengaku telah menganjurkan kepada JCH Kota Palu yang belum melaksanakan bimbingan manasik agar siap-siap menunggu manasik yang digelar Kemenag Kota Palu melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan.

“Di masing-masing KUA Kecamatan akan melakukan manasik, dan kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Saya juga meminta kepada KUA kiranya pelaksanaan manasik JCH Kota Palu yang termasuk di wilayah kecamatan, agar jamaahnya segera diikutkan manasik sebelum berakhir Juni ini,” katanya. 

Isnaeni berharap, yang telah melakukan pelunasan BPIH agar kiranya menjaga kesehatannya, karena haji itu lebih banyak kaitannya dengan ibadah fisik.

“Bilamana kesehatan jamaah tersebut bermasalah sebelum keberangkatan, bisa jadi jamaah tersebut ditunda untuk berangkat, karena nanti ibadah hajinya tidak maksimal,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas