Home Morowali

Polda Salurkan Sembako ke Korban Banjir

222
Kapolda Sulteng saat menyerahkan bantuan dan menyaksikan layanan pengobatan gratis,di Desa Dampala Kecamatan Bahodopi, Morowali, Jumat 21 Juni 2019. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)
  • HUT Bhayangkara ke-73

Morowali, Metrosulawesi.id – Kepolisian Daerah  Sulawesi Tengah menyerahkan santunan berupa sembako dan pengobatan gratis dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-73, di Desa Dampala Kecamatan Bahodopi, Morowali,Jumat 21 Juni 2019.

Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto, mengungkapkan beberapa hal terkait yang dilakukan pihak kepolisian. Polisi terdorong dan selalu empati terhadap masyarakat yang daerahnya dilanda bencana seperti banjir.

“Bila ada permasalahan pasca banjir selesaikan dengan bijak. Bantu Polisi-TNI serta Pemerintah setempat menyelesaikan kalau ada masalah,”ujar Kapolda saat berada di Desa Dampala.

Berikutnya, kata Lukman Wahyu Hariyanto, dalam situasi memberikan penanganan terhadap bencana sangat dibutuhkan adanya kerjasama. Bagaimana kerjasamanya itu yakni saling percaya dan menghargai.

“Kami tidak hanya berdiri pada aspek keamanan saja, tapi juga masalah sosial. Sayapun berharap bantuan sembakonya  dibagikan secara adil di tiga desa yang dilanda banjir,”sebut Kapolda.

“Kiranya bencana banjir ini kita harus sikapi dengan bijak dan sabar. Tapi harus dengan mental kuat. Makanya, perlu ada kerjasama dan kompak. Informasinya di jembatan darurat yang dibuat warga, ketikta orang melintas dipungut biaya. Saya tegaskan tidak boleh lagi itu, kalau ada, polisi akan proses,” tambahnya.

Kapolda menyampaikan sekiranya dalam kegiatan ini akan hadir bersama Danrem 132/ Tadulako. Oleh karena tidak dapat hadir, maka Danrem 132/Tadulako hanya menitip pesan kepada Pemerintah dan masyarakat Morowali.

Sementara, Bupati Morowali Taslim berterima kasih kepada Kapolda Sulteng bersama rombongan yang telah menyempatkan waktu meninjau daerah yang terdampak banjir sekaligus memberikan bantuan.

“Mari kita sama-sama memberi suport atau dukungan kepada bapak Kapolda dan yang lainnya.Bantuan ini tidak ada maksud lain,semuanya diberikan secara ihklas,” ungkap Taslim.

Taslim juga meminta kepada masyarakat desa yang dilanda banjir dapat memberi kesempatan kepada pihak pemerintah desa,kecamatan dan kabupaten dalam memberikan penanganan terhadap lokasi atau wilayah yang dilanda bencana.

“Beri kami kesempatan menyelesaikan setiap permaslahan atau kendala Pasca banjir.Ini mungkin menjadi salah satu harapan kami selaku Pemerintah di daerah,” ujar Taslim.

Kapolda saat menyerahkan secara simbolis bantuan dan menyaksikan layanan pengobatan gratis di dampingi sejumlah petinggi Polda, Kapolres Morowali,Kasdim 1311/Morowali.Seusai dari Dampala,Kapolda menuju Kabupaten Morowali (Morut) melihat wilayah yang dilanda banjir.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas