Home Palu

WNA India Dideportasi

Kantor Imigrasi Palu. (Foto: Ist)
  • Diduga Lakukan Pelanggaran Keimigrasian

Palu, Metrosulawesi.id – Salah seorang warga negara asing (WNA) asal India, Rahman Thakur akhirnya dideportasi oleh pihak Imigrasi Kelas I TPI Palu, Sulawesi Tengah, karena diduga melakukan pelanggaran keimigrasian.

“WNI atas nama Rahman dipulangkan ke negara asalnya melalui Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu menuju Bandara Sukarno Hatta pada Rabu pukul 07.00WITA,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi setempat, Suparman di Palu, 

Menurutnya, yang bersangkutan terbukti melakukan kesalahan,  karena memberikan keterangan palsu kepada petugas saat hendak memperpanjang dokumen perjalanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Palu.

Disebutkan, pihak Imigrasi Palu, selang enam bulan terakhir dari Januari hingga Juni 2019 tercatat sudah ada delapan orang WNA yang dipulangkan ke negara asalnya.

“Dalam rentang waktu enam bulan seja,  Januari hingga Juni 2019 sudah ada 8 WNA yang dideportasi ke negara asalnya karena melakukan pelanggaran keimigrasian,” tandasnya.

Sebelumnta pada 2018, urainya,, ada 29 WNA yang telah dideportasi ke negara asalnya. Ditambahkannya, Sulteng termasuk daerah yang banyak dikunjungi warga negara asing, selain sebagai wisatawan, juga sebagai pekerja.

“Sulteng termasuk salah satu daerah yang menjadi sasaran tujuan warga negara asing, baik selaku wisatawan, maupun karena alasan  bekerja di perusahaan-perusahaan tambang,” sebutnya.

Terkait kondisi tersebut, sebutnya, pihak Imigrasi melakukan pengawasan lebih ketat, khususnya berkaitan dengan masalah penyalahgunaan visa dan izin tinggal.

Reporter: Masruhim Parukkai

Ayo tulis komentar cerdas