Home Hukum & Kriminal

Satu Pelaku Oknum PHL Fakultas Pertanian

339
Tersangka kasus Curat di Untad saat diamankan di Mapolsek Palu Timur. (Foto: Ist)
  • Kasus Pencurian Barang Elektronik di Untad

Palu, Metrosulawesi.id – Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Palu Timur, Polres Palu, berhasil mengamankan dua orang pria pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) yang kerap beraksi di wilayah kampus Universitas Tadulako (Untad) Palu.

Kedua tersangka itu diketahui bernama Haikal (30) dan Novik Hidayat alias Novik (19). Salah satu pelaku yang bernama Novik diketahui merupakan Pegawai Harian Lepas (PHL) di Fakultas Pertanian Untad Palu.

Kapolres Palu AKBP Mujianto SIK, melalui Kapolsek Palu Timur AKP Lusi Setyawati, dalam siaran persnya Rabu, 19 Juni 2019 mengatakan, kedua pelaku diamankan Tim Opsnal Polsek Palu Timur, Polres Palu, di dua tempat berbeda.

Pengungkapan berawal dari laporan polisi dengan nomor, LP-B / 124 / VI / Resort Palu / Sek Paltim/ 2019, tanggal 14 juni 2019, terkait dengan tindak pidana pencurian di Fakultas Pertanian Untad Palu. Berdasarkan laporan itu, Subnit Opsnal Polsek Palu Timur melakukan penyelidikan kasus tersebut.

“Tim Opsnal akhirnya mendapati informasi dari masyarakat terkait keberadaan barang-barang yang di laporkan hilang, dan kami pun langsung melakukan penggerebekan di  Jalan Kangguru, Kelurahan Talise, di rumah salah satu pelaku bernama Haikal,” ungkapnya.

Dalam penggerebekan itu, lanjut AKP Lusi Setyawati, petugas mendapati barang bukti satu buah mesin dap air. Menurut pengakuan Haikal, petugas mendapatkan pengakuan bahwa barang tersebut didapatkan dari pelaku lainnya bernama Novik.

“Petugas pun langsung melakukan penggerebak di rumah tersangka Novik, Selasa, 18 Juni 2019, dan berhasil mengamankan pelaku dengan barang bukti berupa enam unit infocus milik Fakultas Pertanian Untad, satu unit speaker aktif dan satu mesin dap air,” tambahnya.

Kapolsek Palu Timur AKP Lusi Setyawati mengatakan, saat ini kedua pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka itu bersama dengan barang bukti hasil kejahatannya diamankan di Mapolsek Palu Timur untuk proses  penyelidikan.

“Untuk barang bukti lainnya, kami masih lakukan penyelidikan, karena menurut pengakuan pelaku ada 11 unit infocus yang sudah diambilnya,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas