Mansur Pasande dan Rusli Dg Palabbi saat pencabutan nomor urut di DPRD Sulteng. (Foto: Ist)
  • Jelang Pemilihan Wagub

Palu, Metrosulawesi.id – Jelang pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), pertarungan dua kandidat makin sengit. Meskipun tidak begeliat dipermukaan, namun gerakan senyap terus dijalankan dua kandidat.

Rusli Dg Palabbi yang sedari awal diprediksi bakal memenangkan pemilihan di DPRD, namun belakangan gerakan Andi Mansur Pasande mampu membuat situasi makin sengit. Bahkan salah seorang anggota DPRD Sulteng melihat saat ini kekuatan suara Rusli Palabbi dan Mansur Pasandi 50:50.

Berbagai informasi yang dihimpun Metrosulawesi jelang voting day, Mansur Pasande mendapat dukungan dari mayoritas Fraksi Gerindra, meskipun Gerindra belum memberikan keterangan resmi soal itu. Begitupun dengan PDIP, dukungan kepada Mansur Pasande juga diberikan beberapa orang dari fraksi PDIP, meskipun Sri Indraningsih Lalusu melabuhkan pilihan kepada Rusli Dg Palabbi.

Sekretaris DPW PBB Sulteng, Ruhsam Dauda, beberapa waktu lalu mengakui Mansur Pasande juga mendapat dukungan dari PKS. Sejauh ini komunikasi terus dibangun kepada seluruh anggota dewan, khususnya diluar partai pengusung.

Ruhsam yang juga anggota anggota DPRD Sulteng optimis bakal memenangkan hati lebih dari setengah anggota DPRD Sulteng. olehnya dia mendorong agar Mansur Pasande kian intens membangun komunikasi dengan seluruh anggota dewan dan pimpinan partai politik.

“Saya optimis. Beberapa teman fraksi juga sudah memberikan dukungan tinggal menjaga dan meningkatkan dukungan tersebut,” tutur Ruhsam.

Meningkatnya dukungan kepada Mansur Pasande bakal menjadi ancaman Rusli Palabbi. Walaupun telah memiliki hubungan kedekatan dengan anggota dewan lainnya, namun beberapa fraksi belum memberikan dukungan kepadanya dapat menganggu upaya Rusli Palabbi duduk mendampingi Longki Djanggola.

Meskipun terus membangun silaturahmi dengan anggota dewan lainnya, tetapi itu masih dianggap silaturahmi biasa, bukan upaya meminta dukungan. Tanpa meminta dukungan konkret, Rusli Palabbi berpotensi disalip Mansur Pasande pada voting day nanti yang direncanakan pekan depan. Dinamika politik jelang pemilihan Wagub nampaknya terus berlanjut hingga hari pemunguntan suara nanti. Apalagi dua kandidat juga sejauh ini belum memberikan pokok pikiran mereka bila terpilih nanti dalam bentuk visi misi.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas