Home Donggala

15 Kursi Beasiswa Afirmasi untuk Donggala

350
Ibrahim Drakel. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.id – Siswa dari enam kecamatan di Kabupten Donggala mengikuti ujian seleksi penerimaan calon mahasiswa di perguruan negeri ternama di seluruh Indonesia, Selasa (18/6) di SMP Negeri I Banawa.

“Program afirmasi dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi namanya untuk siswa/siswi lulusan tahun kemarin dan tahun 2019. Hanya lima kecamatan berkategori 3 T saja yang ikut tes PTN, yakni Kecamatan Riopakava, Pinembani, Balesang Tanjung, Sojol, Sojol Utara, dan Dampelas,” kata Ibrahim Drakel siang kemarin di ruang kerjanya Rabu (19/6/19).

“Kabupaten Donggala dijatah oleh Kementerian sebanyak 40 siswa/ siswi terbaik yang berperstasi untuk melanjutkan pendidikan SI di perguruan tinggi ternama. Mereka (siswa/siswi) tinggal memilih jurusan dan PT yang ingin dimasuki, seluruh biaya pendidikan ditangung hingga selesai,” sebutnya.

Kata Ibrahim lagi, program ini khusus siswa/siswi yang berada di wilayah terpencil, tertinggal, dan terisolasi kemudian disingkat 3T. Kementerian telah memberikan jatah 40 siswa dan yang akan diterima sebanyak 15 orang saja tergantung hasil seleksi.

“Teknisnya ada tim dari UNHAS Makassar, kami hanya memfasilitasi saja pelaksanaan tes dan dari 40 jatah yang diberikan kementerian kemudian diperingkat 15 besar untuk bisa melanjutkan jenjang pendidikan SI,” tuturnya.

Dia menambahakan dari 6 kecamatan yang mengikuti tes masuk PTN hanya kecamatan Pinembani saja minim peserta.

“Pinembani hanya tiga orang saja, sisanya ada lima siswa/ siswi saja yang ikut, pada prinsipnya Dikjar tidak campur tangan terkait siapa yang diterima karena yang dicari murni kulaitas siswa/siswi persoalanlan biaya kuliah sudah dipersiapakan pemerintah sampai sarjana” tutupnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas