Home Ekonomi

Pemerintah Dorong IKM Lakukan Lakukan Diversifikasi

223

Palu, Metrosulawesi.id – Industri kecil menengah (IKM) olahan panan merupakan salah satu subsektor yang mempunyai peran cukup strategis dan memberikan sumbangan yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, termasuk di Provinsi Sulawesi Tengah. Unit usaha IKM olahan pangan juga tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Sulteng.

Di tengah pertumbuhannya IKM olahan pangan lokal kini menghadapi persaingan produk yang masuk dari negara lain. Agar bisa bertahan, pelaku usaha perluy melakukan sistem mutu yang sudah menjadi tuntuan pasar.

Karena itu Pemerintah Provinsi Sulteng mendorong pelaku usaha melakukan diversifikasi. Tidak hanya itu pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sulteng melakukan pelatihan diversifikasi produk khususnya olahan kopi, Selasa 18 Juni 2019.

Pelatihan ini diikuti puluhan pelaku IKM olahan kopi dari berbagai daerah di Sulteng. Pihak dinas mendatangkan Bartels Ndawu dari Dannies Cake & Cookies, Bekasi, Jawa Barat untuk memberikan pengetahuan secara teori maupun praktik kepada peserta yang sebagian besar kaum hawa.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Industri (PPI) Dinas Perindag Sulteng, Bambang Mustanto mengatakan, pelatihan yang digelar sampai 22 Juni 2019 itu pada dasarnya untuk memotivasi sekaligus mendorong pelaku usaha IKM olahan kopi mengembangkan usahanya melalui diversifikasi.

‘’Sehingga pelaku usaha terinsiprasi untuk memproduksi industri makanan dan minuman berbasis kopi yang baik dan benar,’’ kata Bambang.

‘’Kalau makanan dan minuman berbasis cokelat sudah banyak. Kalau berbasis kopi mungkin masih kurang. Sehingga ini menjadi peluang bagi pelaku IKM olahan kopi di daerah ini,’’ tambahnya.

Dengan demikian, lanjutnya, produk yang dihasilkan lebih bernilai tambah, higiesnis, bermutu dan aman bagi konsumen.

‘’Mutu dalam persepsi konsumen pangan tidak lagi terbatas pada nilai gizinya atau penampilan aksesorinya, tetapi juga termasuk aspek keamanannya bagi kesehatan dan keselamatan konsumen,’’ jelas Bambang.

Bambang juga mengatakan, melakukan diversfikasi merupakan salah satu cara dalam menjamin suatu usaha tetap berkelanjutan. Diversifikasi merupakan upaya dari pelaku usaha untuk membuat produk yang lebih beragam, sehingga konsumen memiliki pilihan produk sejenis. Diversifikasi produk bertujuan agar pelaku usaha tidak tergantung pada penjualan satu jenis saja.

Reporter: Sahril
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas