Transaksi pelayan di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah (Kanwil) Pelayanan Pajak Pratama Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah (Kanwil) Pelayanan Pajak Pratama Palu, lebih gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Itu upaya yang dinilai efektif menumbuhkan kesadaran masyarakat. Bahkan kami juga mendatangi ina ina yang ada di pasar untuk sekedar memberitahukan bahwa sebagai warga negara harus membayar pajak,” kata Account Representative Pengawasan dan Konsultasi I DJP Kanwil Suluttenggo dan Malut Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu, Ngurah Budiarta Wicaksono, Senin (17/6/2019).

Ia menambahkan, tidak jarang pihaknya mendapatkan penolakan terhadap sosialisasi tersebut.
Dalam PP Nomor 23 2018, setiap warga negara yang memiliki usaha baik omzet kecil, menengah hingga besar diwajibkan membayar pajak 0,5 persen dari omzet yang didapatkan.

“Guna mengoptimalkan sosialisasi, DJP Pratama Palu turun lapangan langsung dengan mendatangi setiap masyarakat alias door to door untuk memberitahukan pentingnya membayar pajak untuk kemajuan pembangunan lintas sektor,” jelasnya.

Namun, DJP selaku instansi yang punya tugas dan fungsi (tusi) bidang perpajakan harus menerima karena keterbatasan pengetahuan masyarakat.

“Tak jarang dapat penolakan, apalagi kalau sudah mendetail tentang penghasilan, biasanya enggan menyebutkan secara real. Padahal, hak negara hanya meminta sangat sedikit yang rutin dibayarkan,” katanya.

Ditanya terkait realisasi pajak selama 2019, ia tidak ingin menyebutkan rincian dari data tersebut. Untuk meminta maupun mempublis data harus memenuhi prosedur tetap (protap).

“Itu semua harus ikut yang telah ditetapkan, yakni harus memasukkan surat permintaan data,” tutupnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas