Home Morowali

Dinkes Sulteng Segera Penuhi Kebutuhan Obat

Reny A Lamadjido. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Terkait dengan bencana dan krisis obat-obatan yang melanda Kabupaten Morowali Utara, Pemerintah Sulawesi Tengah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng merespon cepat hal itu.

Diketahui sebelumnya, gudang obat-obatan milik Dinkes Morut terendam lumpur yang berakibat menurunnya stok obat untuk masyarakat. Untuk itu, Dinkes Sulteng tinggal menunggu surat pengajuan pemenuhan kebutuhan logistik obat-obatan dari Dinkes Morut untuk kemudian dapat disalurkan.

“Tetapi masih ada obat-obat yang bisa diselamatkan, sampai saat ini belum ada pengajuan ke kita untuk pemenuhan kebutuhan obat-obatan. Jika sudah ada, kami siap mendistribusikan, kita gudang stok farmasi siap,” tutur Kepala Dinkes dr. Reny A Lamadjido saat ditemui di kantornya Jalan Kartini Kota Palu, Senin, 17 Juni 2019.

“Gudang farmasinya memang tertimbun lumpur, karena kita melihat langsung, mengunjungi. Saat ini, sesuai prosedur, kita punya Rancana Aksi Daerah untuk Bencana (RADB), apapun masalahnya, mereka harus atasi dulu, tetapi kami tetap siap sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 2 menjelaskan bahwa ada juga kewenangan provinsi menangani daerah bencana,” jelasnya.

Kata dia, untuk lebih meyakinkan kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) merespon daerah bencana, Dinkes Sulteng juga telah menyurati Kementerian Kesehatan (Menkes) untuk dapat membantu pemprov merealisasikan hal itu.

“Bahkan akan ada batuan dari Kemenkes. Dalam satu dua bulan ini akan ada bantuan, karena kita juga sudah surati ,” kata Reny.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas