AKBP Abire Nusu. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)
  • Ragam Kegiatan Digelar Pra HANI 2019

Palu, Metrosulawesi.id – Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Tengah bersama BNN Kota Palu dan Donggala menggelar beragam kegiatan, diantaranya Jalan Santai, Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Lapangan Vatulemo Palu, Minggu, 16 Juni 2019.

“Kegiatan ini masih merupakan rangkaian dalam rangka memperingati HANI. Sementara untuk acara puncak HANI digelar pada 26 Juni 2019, yang dilaksanakan secara serentak di masing-masing kabupaten/kota atau Provinsi,” kata Kepala BNN Kota Palu AKBP Abire Nusu saat ditemui disela-sela acara.

Abire mengungkapkan, untuk acara puncak HANI BNN Kota Palu digelar di SMP Negeri 5 Palu yang berada di Kecamatan Tatanga. 

“Kami sengaja pusatkan kegiatan BNN Kota Palu di Kecamatan Tatanga, kerena di wilayah tersebut kami akan canangkan tahun ini Tatanga Bersih dari Narkoba (Bersinar),” ungkapnya.

Selain itu, Abire mengatakan, BNN Kota Palu juga sudah gencar melakukan sosialisasi diberbagai tempat soal Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), baik di instansi pemerintah, swasta maupun di kalangan pelajar atau mahasiswa.

“BNN Kota Palu menargetkan tahun ini sesuai kebijakan pimpinan bahwa tiap BNN membuat suatu program bernama Bersinar (Bersih dari Narkoba). Olehnya itu kami juga akan mencanangkan program tersebut tahun ini,” ujarnya.

Terkait Satgas Anti Narkoba di sekolah-sekolah, Abire mengatakan, sejauh ini Satgas tersebut sudah berjalan, dan beberapa sekolah juga telah melakukan kegiatan untuk mendukung program itu.  Beberapa waktu lalu BNNK Palu telah turun bersama-sama dengan Satgas di sekolah.

“Jika untuk jenjang SMP semuanya telah memiliki Satgas Anti Narkoba, hanya saja yang belum ada Satgasnya adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs). Olehnya itu Insya Allah target kami setelah HANI ini kita juga akan bentuk juga Satgas Anti Narkoba di jenjang MTs,” katanya.

Lanjutnya, BNNK Palu juga sudah mulai membentuk Satgas di setiap Kelurahan di Kota Palu.

“Nanti juga akan dilatih Satgas di wilayah se-Kecamatan Tatanga dan ditambah dengan Kelurahan Watusampu,” katanya.

“Terkait pantauan BNNK Palu mengenai indikasi Narkoba, setelah kami datangi tiga sekolah di Palu, kita sudah mendapatkan kurang lebih 70 pelajar SMP terindikasi. Olehnya itu kita berupaya dengan adanya Satgas Anti Narkoba dapat  menekan atau mengurangi indikasi narkoba di kalangan pelajar,” katanya.

Abire menegaskan, pihaknya telah meminta semua pihak berperan dalam memberantas narkoba, baik aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh adat.

“Sementara di sekolah, kami meminta guru dan orang tua juga ikut berperan dalam memberantas narkoba, baik itu di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah,” tegasnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas