Home Sulteng

Sejumlah Perusahaan Bakal Disanksi

Joko Pranowo. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng menerima sejumlah aduan terkait kewajiban perusahaan dalam membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Kepala Bidang Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Sulteng Joko Pranowo mengungkapkan pihaknya menerima aduan tersebut melalui Posko Aduan THR yang dibuka dalam momentum lebaran Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

“Jumlah aduannya belum saya tahu pasti karena masih harus kami rekap bersama tim,” ungkap Joko kepada Metrosulawesi, Senin, 10 Juni 2019.

Dia mengatakan aduan tersebut disampaikan oleh tenaga kerja/buruh dari sejumlah kabupaten/kota di Sulteng. Disnakertrans kata Joko akan memproses aduan sesuai ketentuan berlaku. Dipastikan apabila perusahaan terbukti lalai membayarkan kewajiban akan bakal diberikan sanksi.

Sesuai regulasi, perusahaan yang melanggar ketentuan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 6 tahun 2016 tentang THR akan dikenakan sanksi teguran tertulis berupa peringatan awal hingga yang terberat pembekuan izin usaha atau penghentian sementara.

“Dalam pemberian sanksi kami akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota terkait. Tahapannya tentu melalui proses pemeriksaan dahulu dan menyakan kepada perusahaan yang dilaporkan,”  tandas Joko.

Seperti diketahui, besaran THR buruh dengan masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, memperoleh THR 1 bulan upah. Sedangkan bagi pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus-menerus tetapi kurang dari 12 bulan, THR-nya diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan yang sudah ditetapkan, yaitu masa kerja dibagi 12 bulan dikali satu bulan upah. Untuk Sulteng sendiri saat ini ada 110 ribu tenaga kerja/buruh yang tersebar 3.414 perusahaan se Sulawesi Tengah. Ribuan perusahaan tersebut bergerak diberbagai bidang seperti pertambangan, industri dan perdagangan.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas