Home Sulteng

Gaji ke-13 PNS Cair Awal Juli

Ilustrasi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Gaji ke 13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov Sulteng dipastikan cair awal Juli mendatang. Kepastian ini diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulawesi Tengah Bahran, Senin, 20 Mei 2019.

“Gaji ke 13 PNS Pemprov Sulteng diproses akhir Juni dan bisa cair mulai 1 Juli 2019,” ungkap Bahran.

Pencairan gaji ke 13 ini sesuai dengan PP (Peraturan Pemerintah) dan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) terkait teknis pencairan gaji ke 13 dan Tunjangan Hari Raya (THR). THR sendiri telah dikucurkan beberapa hari sebelum lebaran 1440 H.

“Pencairan gaji ke 13 memang bertepatan awal tahun ajaran baru untuk kebutuhan anak sekolah atau pendidikan,” ucap Bahran.

Untuk gaji ke 13, Pemprov Sulteng kata Bahran mengalokasikan anggaran mencapai puluhan miliar rupiah. Besaran gaji ke 13 yang akan diterima PNS sama besarnya dengan gaji yang didapat pada Juni. Tak hanya mendapatkan gaji pokok, tapi juga tunjangan lain seperti tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, termasuk tunjangan kinerja (Tukin).

Sebagai gambaran berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil, gaji terendah PNS (golongan I/a masa kerja 0 tahun) Rp1.560.800. Sementara gaji tertinggi PNS (golongan IV masa kerja lebih 30 tahun) Rp5.901.200.

Mengutip data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulteng, tercatat hingga Desember 2018, PNS Pemprov Sulawesi Tengah tercatat sebanyak 12.462 orang. Pencairan gaji ke 13 sama seperti THR melalui transfer kas daerah Bank Sulteng.

“Kita berharap teman-teman PNS menggunakan gaji ke 13 sesuai peruntukan,” tandas Bahran.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas