Home Morowali

BPBD Morowali Bangun Tenda Darurat di One Pute Jaya

315
Bantuan yang disalurkan kepada masyarakat terdampak bencana banjir di sejumlah titik di Kecamatan Bahodopi, pada Minggu, (9/6/2019). (Foto: Humas Pemkab Morowali)

Morowali, Metrosulawesi.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Morowali mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) siaga bencana untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana banjir di sejumlah titik di Kecamatan Bahodopi, pada Minggu, (9/6/2019). TRC berjumlah 15 orang dipimpin oleh Kepala BPBD Morowali, Drs. H. Napsahu, M.Si.

Bantuan yang diberikan melalui TRC merupakan langkah awal tanggap darurat yang diarahkan pada pemenuhan kebutuhan dasar warga terdampak. Bantuan yang diberikan kepada masyarakat selain membangun dapur umum juga membagikan logistik seperti peralatan dapur, tabung gas, pakaian bekas, makanan instan, air minum, kebutuhan bayi, beras, serta sembako lainnya. TRC juga telah membangun tenda posko darurat bencana di Desa One Pute Jaya.

Sementara itu, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Morowali turut memberikan bantuan logistik kepada pengungsi di Desa One Pute Jaya pada Minggu, (9/6/19). OPD yang turun memberikan bantuan yaitu Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (B3D), yang diwakili oleh Nirmawati, Dinas Sosial, Jaenudin Ma’ruf, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), H. Napsahu. 

Bantuan yang diberikan berupa logistik, seperti makanan instan, air minum, kebutuhan bayi, pakaian bekas, selimut, beras, dan sembako lainnya. Bantuan sementara dipusatkan di posko bantuan di Desa One Pute Jaya.

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas lebat yang melanda Morowali beberapa waktu terakhir serta daya dukung lingkungan yang rusak, menyebabkan banjir di beberapa daerah. Menurut data dari BPBD Morowali, Warga dari  2 (dua) desa yakni Desa Dampala dan Desa Lele, telah diungsikan ke tempat penampungan sementara di Desa One Pute Jaya. Tercatat kurang lebih 561 KK telah berada di lokasi pengungsuan. Dengan  298 KK, 1.437 jiwa berasal dari Desa Dampala. Sedangkan dari Desa Lele adalah 263 KK, 800 jiwa. Sementara tercatat setidaknya 6 rumah rusak di Desa Dampala. (***)

Ayo tulis komentar cerdas