SAMBUTAN - Kakanwil Kemenag Sulteng H Rusman Langke saat memimpin apel pagi di halaman kantor Kemenag Sulteng, Senin, 10 Juni 2019. (Foto: Humas Kanwil Kemenag Sulteng)
  • Rusman Apresiasi Siswa MTS Raih Nilai Tertinggi UN

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah H Rusman Langke mengimbau, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan agar mengamalkan pesan ritual ibadah puasa  dalam lingkungan kerja masing masing.

“Minimal ada enam nilai yang bisa di implementasikan diantaranya Iman dan Taqwa, disiplin, jujur, sabar, etos kerja dan jalin silaturahim,” ujar Rusman saat memimpin Apel Pagi di halaman Kanwil Kemenag Sulteng, Senin, 10 Juni 2019.

Selain itu Rusman menegaskan kepada Kepala Kemenag Kabupaten/Kota agar mendata stafnya yang hadir dan tidak hadir usai libur bersama. 

“Bagi ASN yang tidak masuk kerja, maka akan dijatuhi hukuman disiplin berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS,” tegas Rusman.

Rusman mengharapkan agar seluruh ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Sulteng dimanapun berada agar mengamalkan pesan-pesan ritual ibadah Puasa.

“Saya mengigatkan apa yang sudah di programkan agar segera dilaksanakan, jangan ada yang menunda-nundanya,” ungkapnya.

Disisi lain Rusman juga mengapresiasi prestasi nilai tertinggi pada Ujian Nasional (UN) yang diraih oleh siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Sulteng.

Rusman berharap kepada seluruh kepala Madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan agar selalu melakukan kreatifitas dan inovasi dengan meningkatkan kinerja, sehingga output kualitas Madrasah dapat bersaing dengan sekolah umum lainnya.

“Respon masyarakat terhadap jenjang Madrasah saat ini sangat luar biasa, sehingga tidak ada lagi perbedaan antara Madrasah dan sekolah umum, ini ditandai dengan banyaknya  pendaftar di madrasah membludak, namun kapasitas sangat terbatas baik Madrasah swasta maupun negeri,” ujarnya.

Tahun ini yang meraih nilai tertinggi UN  jenjang MTs yang dikeluarkan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan perolehan nilai tertinggi 98 diraih oleh  siswa MTsN 1 Kota Palu dan MTs Alkhairaat Kalukubula

Kemudian untuk mapel Bahasa Inggris yang meraih nilai tertinggi 94 diraih siswa dari MTsN 2 Tolitoli, sementara untuk Matematika dengan nilai tertinggi 97,5 diraih oleh siswa MTsN 1 Banggai, dan  mapel IPA dengan perolehan nilai tertinggi 92,5 diraih oleh siswa MTs DDI Lonja Kabupaten Sigi.

“Saya mengucapkan selamat bagi madrasah-madrasah meraih nilai tertinggi, Insya Allah tahun depan lebih berprestasi lagi,” katanya.

Reporter: Moh Fadel

Ayo tulis komentar cerdas