Home Ekonomi

Harga Bawang Merah Merangkak Naik

214
Pedagang bawang merah di pasar tradisional Kota Palu. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Harga bawang merah di Pasar Tradisional di Kota Palu kembali merangkak naik menjadi Rp 40 ribu per kilogram sejak sepekan terakhir.

Nani, salah satu pedagang mengatakan naiknya harga bawang merah dikarenakan pasokan dari petani sangat kurang lancar. Oleh karena itu, pedagang berharap agar pemerintah dapat menstabilkan harga tersebut.

“Sebelumnya harga bawang merah berkisar Rp33 – Rp35 ribu perkilogram. Apalagi, cuaca sekarang masih belum bisa dipastikan, stok dari petani juga kurang,” katanya, Minggu (9/6/2019).

Selain itu, kata dia, panen bawang merah di tingkat petani di daerah Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat sebagian gagal panen, lantaran musim hujan menguyur di daerah basis petani bawang.

“Sehingga, tidak sedikit petani bawang mengaku rugi. Inilah di antaranya penyebab harga bawang naik kembali. Sedangkan, harga bawang putih masih terbilang stabil sekitar Rp40 per kilogram,” jelasnya.

Sementara, pantauan Metrosulawesi harga telur berangsur turun dari Rp50 per rak menjadi Rp45 /rak. Sedangkan, harga tomat Rp12- Rp15 ribu/kg. Lebih lanjut, untuk harga cabai keriting naik dari Rp30 menjadi Rp60- Rp65/kg. Sementara, harga cabai merah dan hijau mulai menurun dari Rp60 ribu menjadi Rp30 perkilogram.

Reporter: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas