Home Sigi

Sekab Sigi Lantik PAW Dua Kades

LANTIK KADES - Sekertaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir, SE., MP, Jumat (31/5/2019) saat melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa Pengganti Antara Waktu (PAW). (Foto: Humas Pemkab Sigi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Untuk menyukseskan program pembangunan di pedesaan, Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, sangat mengharapkan Kepala Desa berperan aktif di masyarakat.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Sekrtaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir, SE., MP, Jumat (31/5/2019) saat melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa Pengganti Antara Waktu (PAW) yakni, Kepala Desa Lolu Kecamatan Sigi Biromaru ( Kurniadin) dan Kepala Desa Luku Kecamatan Dolo Barat (Arsidin).

Dalam sambutannya Sekda Muh. Basir mengatakan, penyelenggaraan pemerintahan desa hendaknya perlu ditumbuh kembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan hingga pembangunan.

“Pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di desa harus senantiasa ditonjolkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sekda Sigi mengatakan hal ini akan mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi di kalangan masyarakat desa, yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi yang lebih luas dalam seluruh bidang dan kehidupan masyarakat desa.

“Oleh karena itu, untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat diperlukan adanya pemimpin formal yang berfungsi sebagai orang yang dapat mendorong dan memotivasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam pembangunan desa,” katanya.

Diakhir sambutannya beliau berharap agar kiranya Kepala Desa yang baru dilantik tersebut dapat optimal melaksanakan tugas pengabdian. Sehingga, senantiasa menempatkan terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta pelayanan publik yang lebih meningkat sebagai tujuan utama pengabdian dan pelaksanaan tugas.

“Dimana dalam hal pembangunan ini, Kepala Desa memiliki peranan penting dalam menumbuhkan, meningkatkan dan menggerakkan partisipasi masyarakat desa untuk dapat turut aktif dalam proses kegiatan pembangunan desa dengan memberikan arahan, binaan ataupun penyuluhan kepada masyarakat desa tentang arti penting pembangunan desa bagi kelangsungan hidup masyarakat,” jelasnya.

Pelantikan ini turut dihadiri Kadis PMD Sigi (Anwar, S.Sos), Camat Biromaru (Ruslan), Camat Dolo Barat (Riadin) dan Anggota BPD Kecamatan Sigi Biromaru dan Dolo Barat. (*)

Reporter: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas