Home Sulteng

Posko Mudik Siapkan Layanan Medis

191
LAYANAN MEDIS - Pemeriksaan tensi darah saat musim mudik lebaran tahun lalu. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Untuk melayani para pemudik, Dinas Perhubungan (Dishub) se Sulteng membuka posko mudik lebaran. Posko mudik berada di semua kabupaten/kota dengan koordinator Dishub Provinsi Sulteng.

“Posko mudik menyiapkan layanan medis melalui tenaga kesehatan seperti pemeriksaan tensi darah dan pemberian vitamin,” ungkap Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Sulteng Sumarno kepada Metrosulawesi, Senin, 27 Mei 2019.

Dia mengatakan posko mudik bisa ditemui di terminal, pelabuhan dan Bandara se Sulawesi Tengah. Selain itu, posko mudik juga terdapat di Kantor Dishub provinsi, kabupaten dan kota. Total posko mudik yang dibuka sekitar 30 titik yang akan beroperasi selama arus mudik lebaran.

Posko mudik juga dipastikan akan menjadi pusat informasi layanan angkutan bagi masyarakat. Masyarakat juga bisa menginformasikan apabila ada perusahaan otobus menaikkan tarif diluar batas yang telah ditetapkan.

“Silakan masyarakat manfaatkan posko mudik karena dilengkapi race area untuk sekedar beristrahat,” ucap Sumarno.

Dengan melibatkan sejumlah instansi terkait seperti Kepolisian, Jasa Raharja Cabang Sulteng dan Dinas Kesehatan, posko mudik siap menerima informasi atau keluhan dari pemudik. Salah satunya yaitu apabila ada masyarakat mendapati tarif angkutan dipungut melebihi yang ditetapkan disilakan melapor ke posko tersebut.

Sebab Dishub kata Sumarno menjamin tidak ada lonjakan tarif angkutan bus karena telah ditetapkan batas tarif atas dan bawah. Tarif yang ditetapkan ditempel disemua terminal angkutan lebaran.

Sumarno memperkirakan puncak arus mudik di Sulteng berlangsung pada H-6 Lebaran atau tepatnya tanggal 30 Mei mendatang. Itu karena kalangan pegawai negeri sipil terakhir berkantor pada 29 Mei.

“Untuk Provinsi Sulteng pemudik terbanyak tiap tahun dengan tujuan Luwuk, Kabupaten Banggai,” tandas Sumarno.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas