MUDIK GRATIS - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mohamad Hidayat Lamakarate, didampingi pihak terkait melepas mudik gratis dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah di Jalan Sam Ratulangi Palu, Rabu, 29 Mei 2019. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)
  • Hidayat Lamakarate LepasBus Mudik Lebaran

Palu, Metrosulawesi.id – Tiga orang sopir mudik gratis Pemprov Sulteng terindikasi mengonsumsi narkoba. Hal ini terungkap setelah dilakukan pemeriksaan urine sebelum pemberangkatan di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Sulteng Jalan Kartini Palu, Rabu, 29 Mei pagi.

“Dia (sopir) itu langsung kami ganti demi keselamatan penumpang mudik gratis,” ujar Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dishub Sulteng Sumarno kepada awak media saat pemberangkatan mudik gratis di Jalan Sam Ratulangi Palu, Rabu, 29 Mei 2019.

Informasi tiga orang sopir yang terindikasi narkoba tersebut dibenarkan pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulteng. Namun untuk memastikan jenis narkoba yang dikonsumsi akan dilakukan pemeriksaan dan assesment lebih lanjut. Adapun tiga orang sopir terindikasi narkoba salah satunya tujuan mudik gratis ke Kabupaten Tolitoli.

Pemberanggkatan mudik gratis sendiri dilepas oleh Gubernur Sulteng H Longki Djanggola diwakili Sekretaris Daerah Mohamad Hidayat Lamakarate didampingi pihak terkait. Total pemudik gratis yang diberangkatkan sebanyak 501 orang dengan menggunakan 30 bus lebih dengan kapasitas besar dan sedang.

“Saya mengucapkan selamat jalan dan tiba dengan selamat sampai tujuan kepada saudara-saudaraku yang melaksanakan mudik lebaran,” ujar Hidayat.

Mudik gratis dilaksanakan oleh Pemprov Sulteng sebagai upaya untuk menguatkan hubungan silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Mudik gratis seperti ini rutin dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir.

Tujuan mudik gratis kali ini delapan jurusan yaitu Palu-Buol, Palu-Tolitoli, Palu-Luwuk, Palu-Poso, Palu-Ampana, Palu-Tentena, Palu-Morut, dan Palu-Morowali. Bus-bus yang digunakan pemudik telah melalui proses ramp check. Tujuannya agar bus yang ditumpangi para pemudik dalam keadaan laik jalan demi keselamatan. (*)

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas