KUNJUNGAN - Sekretaris Kota Palu, Asri saat meninjau Pasar Ramadan beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)
  • Biaya Lokasi Diatur Oleh Kecamatan

Palu, Metrosulawesi.id – Walikota Palu, Hidayat M.Si mengungkapkan, semua camat di Palu menyiapkan tempat untuk Pasar Lentora, hanya saja ada beberapa kecamatan mungkin tidak membuka Pasar Lentora karena dianggap tidak ramai.

“Tetapi saya pastikan hampir semua kecamatan membuka Pasar Lentora,” kata Hidayat di Palu, Senin, 27 Mei 2019.

Menurut Hidayat, biaya untuk Pasar Lentora itu bisa dibicarakan bersama di tingkat Kecamatan, Pemkot Palu serahkan ke Kecamatan untuk membicarakan biayanya.

Diberitakan sebelumnya, tahun ini Pemerintah Kota Palu menetapkan Pasar Ramadan dilaksanakan di delapan kecamatan di Kota Palu. Sementara untuk pasar lentora yang dilaksanakan lima hari sebelum lebaran akan dilaksanakan di empat kecamatan.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu, Irmayanti Pettalolo.

“Pemkot Palu mengubah lokasi pelaksanaan Pasar Ramadan, karena lokasi atau lahan yang biasa digunakan untuk Pasar Ramadan saat digunakan untuk aktifitas masyarakat berolahraga dan lainnya, lokasi itu tidak bisa kita gunakan lagi,” jelas Irmayanti.

Kemudian kata Irmayanti, mengingat juga Kota Palu baru saja mengalami musibah 28 September 2018, sehingga Walikota Palu mengeluarkan kebijakan bahwa Pasar Ramadan Tahun 2019 dilaksanakan di delapan Kecamatan.

“Pasar Ramadan ini akan ditempatkan di dekat titik-titik pengungsian, khususnya Huntara ataupun selter yang lebih besar,” ujarnya.

Kata dia, delapan kecamatan yang ditetapkan Pemkot Palu itu diantaranya Kecamatan Mantikulore, Pasar Ramadan dan Pasar Lentora-nya dipusatkan di Hutan Kota, Kecamatan Palu Barat, Pasar Ramadan akan dilaksanakan di Selter Balaroa (Sport Center).

Irma mengungkapkan untuk manarik pengunjung datang ke Pasar Ramadan, pihaknya akan mendesain layaknya Kampung Ramadan.

“Selain masyarakat menjual makanan, di Pasar Ramadan ini akan ada stand untuk memamerkan hasil produksi yang dibuat selama ini oleh warga melalui pelatihan yang ajarkan oleh para NGO,” katanya.

Selanjutnya, lokasi Pasar Ramadan di Palu Barat berada di Jalan Bantilan, karena jalan tersebut juga selama ini digunakan oleh beberapa pedagang untuk berjualan. Jadi ada dua tempat untuk lokasi Pasar Ramadan di Kecamatan Palu Barat.

Sementara di Palu Selatan, ungkap Irma, lokasi Pasar Ramadan terletak di dekat lokasi Huntara Petobo.

“Akan ada lapangan yang disiapkan khusus oleh Camat untuk para korban yang saat ini masih mendiami Huntara Petobo,” jelasnya.

Sementara di Tawaeli, Pasar Bosli dan Hutara Pantoloan di Ova ditetapkan sebagai lokasi Pasar Ramadan, kemudian di Kecamatan Ulujadi, ditetapkan di Pasar Silae sebagai lokasi Pasar Ramadan.

“Pasar Ramadan yang berada di selter-selter memang disiapkan oleh pemerintah bagi korban bencana yang ada di selter atau di Huntara tersebut. Tetapi yang disiapkan oleh Kecamatan itu terbuka untuk umum. Olehnya itu, silahkan seluruh masyarakat yang mau berjualan, baik makanan, minuman ataupun lainnya, silahkan berhubungan dengan pihak kecamatan masing-masing,” jelasnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas