Home Palu

SMK Yadika Mulai Siapkan Akreditasi

Fahruddin. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik SMK Yadika Palu Fahruddin mengungkapkan, saat ini SMK Yadika Palu tengah mempersiapkan akreditasi sejak dini.

“Berdasarkan aturan yang ada, sekolah bisa diakreditasi jika sudah pernah menamatkan siswa. Sementara SMK Yadika Palu saat ini belum pernah menamatkan siswa,” ujar Fahruddin di Palu, Sabtu, 25 Mei 2019.

Kata dia, SMK Yadika Palu baru akan menerima siswa yang ketiga kalinya tahun ini. Sehingga, pengajuan akreditasi baru bisa diajukan beberapa tahun kedepan, setelah kelas tiga yang sekarang sudah tamat.

“Meskipun belum ada tamatan kelas tiga, tetapi kami persiapkan pengajuan akreditas sejak dini, agar ketika sudah pengajuan tidak repot lagi. Kami optimis SMK Yadika Palu dapat meraih akreditasi A,” ungkapnya.

Fahruddin mengatakan, optimisme SMK Yadika meraih akreditasi A karena dari segi pelayanan, kualitas guru, sarana prasarana serta kurikulum sudah terpenuhi dengan baik. Begitupun dengan Ruang Praktik Siswa.

“Pihak sekolah tinggal menunggu penamatan, kemudian akan mengajukan akreditasi. Selain itu, SMK Yadika Palu juga sudah membangun kerjasama dengan sejumlah industri yang ada di Kota Palu. Hal itu juga dilakukan untuk mendukung proses pembelajaran siswa dalam melakukan praktik,” jelasnya.

Kata dia, apalagi pemilik Yayasan SMK Yadika Palu memilik beberapa perusahaan di Kota Palu dan di Pulau Jawa. Selain Hotel Sutan Raja, ada juga perusahaan yang bergerak di bidang kelautan dan kesehatan, sehingga lulusan yang berkompeten juga dapat langsung bekerja di perusahan-perusahaan milik yayasan tersebut.

“Selain bertujuan untuk melahirkan generasi yang dapat menguasai teknologi, SMK Yadika Palu juga memprioritaskan kegiatan pembinaan Iman dan Taqwa (Imtaq) serta kegiatan pembinaan lingkungan terhadap siswa,” ungkap Fahruddin.

Fahruddin mengaku, SMK Yadika Palu lebih mengajarkan siswa untuk menjadi generasi yang berkarakter dan berahlak.

“Sebab, percuma menjadi seorang ahli tetapi tidak berahlak di dunia kerja, hal itu akan menjadi sia-sia, intinya ahlak itu sangat penting,” imbuhnya.

Tahun ini, kata dia, adalah tahun ketiga SMK Yadika Palu melakukan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Kata dia, pada tahun pertama, SMK Yadika Palu menerima sekitar 200 orang siswa. Tahun kedua, dari sebanyak 600 orang pendaftar, pihak sekolah hanya menerima sebanyak 200 siswa lebih, sebab kuota terbatas.

“SMK Yadika Palu membuka lima jurusan yaitu Jurusan Perhotelan, Farmasi, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Nautika Kapal Penangkap Ikan. Sejauh ini, jurusan teknik komputer dan jaringan yang paling banyak diminati oleh siswa baru,” ungkapnya.

Kata dia, dengan kurikulum yang menonjolkan penguasaan teknologi dan kegiatan-kegiatan pembinaan imtaq, pihak sekolah optimis lulusan-lulusan SMK Yadika Palu dapat terserap ke dunia kerja dengan baik, sesuai dengan cita-cita SMK.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas