Home Palu

Peserta SBMPTN Diingatkan Daftar Kembali

383
Darsikin. (Foto: Dok Metrosulawesi)
  • Tak Pilih Perguruan Tinggi dan Program Studi Dianggap Gugur

Palu, Metrosulawesi.id – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Untad berakhir Sabtu, 25 Mei. Total pelaksanaan UTBK SBMPTN Untad sebanyak 16 sesi.

Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Untad Dr Darsikin mengingatkan peserta yang telah mengikuti UTBK SBMPTN harus kembali melakukan pendaftaran untuk memilih perguruan tinggi dan program studi.

“Pendaftaran untuk memilih perguruan tinggi dan program studi mulai 10 sampai 24 Juni. Harus mendaftar kembali memilih perguruan tinggi dan program studi, kalau tidak dianggap gugur, meski sudah ikut ujian UTBK,” ujar Darsikin, Minggu, 26 Mei 2019.

Dia menjelaskan peserta UTBK bisa melihat pengumuman nilai 10 hari setelah ujian melalui akun masing-masing dilaman https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id. Nilai tersebut kemudian digunakan untuk mendaftar memilih perguruan tinggi dan program studi yang dikehendaki.

Pendaftaran perguruan tinggi dan program studi dilakukan melalui website sbmptn.ac.id login dengan akun peserta. Untuk pendaftaran perguruan tinggi dan program studi peserta dipastikan tidak perlu melakukan pembayaran lagi.

Adapun penentuan kelulusan yakni dengan sistem perankingan menyesuaikan kuota perguruan tinggi dan program studi yang didaftar. Dicontohkan jika perguruan tinggi/program studi membuka kuota seratus kursi, maka yang berhak mendudukinya peserta yang lulus dengan rangking 1 sampai 100.

“Untuk pengumuman kelulusan perguruan tinggi dan program studi dilakukan pada 9 Juli mendatang,” ucap Darsikin.

Adapun pendaftar UTBK SBMPTN Untad tercatat mencapai 10.765 orang yang ujiannya dimulai pada 13 April lalu. Namun dari 10.765 orang pendaftar, Darsikin mengatakan hanya 90 persen yang mengikuti UTBK.

Selain di Untad, pelaksanaan UTBK menggunakan ruangan di SMAN 1 Palu, SMKN 1 Palu, SMKN 2 Palu, SMKN 3 Palu, SMA BK Palu dan SMA Model Madani. Adapun untuk lokasi ujian di area Untad dilaksanakan dibeberapa titik seperti Fakultas MIPA, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Unit Balai Bahasa dan Media Center.

“Yang ikut ujian hanya 90 persen, mereka yang tidak mengikuti UTBK secara otomatis gugur,” tandas Darsikin.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas