Home Palu

KPU Palu Belum Terima Laporan Gugatan Pemilu

213
Agussalim Wahid. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah menetapkan hasil perolehan suara calon presiden dan wakil presiden, partai politik dan caleg serta calon DPD pada 21 Mei 2019. Sesuai UU No.7 2017 tentang Pemilu, gugatan Perselihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dilayangkan maksimal tiga hari setelah penetapan KPU.

Untuk tingkat Kota Palu sejauh ini belum ada laporan yang diterima KPU Kota Palu terkait PHPU. Meskipun demikian, KPU Kota Palu tetap menunggu infromasi dari Mahkamah Konstitusi (MK) selaku institusi yang mengadili PHPU.

“Alhamdulillah sejauh ini tidak ada gugat untuk KPU Kota Palu, tapi kami tetap menunggu hasil dari MK,” tutur Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid.

Berdasarkan pantauan Metrosulawesi selama proses pemilihan hingga rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kota Palu, semua berjalan dengan transparan. Setiap tahapan selalu diikuti saksi masing-masing peserta pemilu.

Ketua DPD II Golkar Kota Palu, Erman Lakuana, yang mengawal langsung proses rekapitulasi tingkat PPK dan Kota Palu beberapa waktu lalu, kepada wartawan mengakui semua tahapan berjalan terbuka dan transparan. Dirinyapun mengakui pelaksanaan Pemilu di Kota Palu berjalan dengan baik dan lancar.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas