Home Politik

Eks Cabup Morowali Lolos ke DPRD Sulteng

341
Ambo Dalle. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemilu 2019 menjadi pertarungan sejumlah mantan calon kepala daerah. Tidak sedikit mereka yang gagal menjadi kepala daerah, sukses pada Pemilu 2019 dan berhak menyangdang status anggota dewan.

Salah satu eks calon kepala daerah yang sukses meraih kursi wakil rakyat yaitu Ambo Dalle. Gagal bertarung menjadi orang nomor 01 di Morowali, mengantarkannya duduk dikursi dewan tingkat provinsi Sulawesi Tengah.

Ambo Dalle yang maju lewat Partai Gerindra, menjadi caleg dengan suara terbesar diinternal Gerindra, sehingga kursi parlemen yang diraih Gerindra dari Dapil Sulawesi Tengah 5 (Kabupaten Poso, Touna, Morowali dan Morut) menjadi hak Ambo Dalle.

Di Dapil 5, Gerindra meraih suara 36.441, suara Ambo Dalle sendiri 7.497 dan merupakan suara tertinggi di Dapil tersebut. Berdasarkan pleno KPU Sulawesi Tengah, Gerindra menduduki posisi keempat.

Sebelum bertarung di Pilkada Morowali, Ambo Dalle sebelumnya mejabat Ketua DPRD Morowali. lama duduk di kursi dewan, Ambo Dalle tidak kaku lagi menjalankan tugas-tugas kedewanan, meskipun levelnya kini setingkat lebih tinggi.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas