Home Politik

Demokrat Kehilangan Kursi Wakil Ketua DPRD Sulteng

Ellen Esther Pelealu. (Foto: Ist)
  • Hanya Raih 4 Kursi

Palu, Metrosulawesi.id – Melejitnya perolehan suara Partai Nasdem, berimbas pada menurunnya jumlah kursi Partai Demokrat untuk DPRD Sulawesi Tengah. Pasalnya, Demokrat tidak mampu mempertahankan kursi Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah setelah hanya meraih empat kursi pada pemilu 17 April 2019 lalu.

Pada dua Pemilu sebelumnya, Demokrat selalu mengamankan kursi unsur pimpinan dewan, namun Pemilu kali ini Demokrat harus melepaskan posisi Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah karena perolehan suaranya tidak mampu mengatrol pencapaian kursi di dewan.

Untuk Periode 2019-2024 Demokrat hanya mampu meraih satu fraksi tanpa lagi menduduki kursi pimpinan dewan. Demokrat harus kehilangan kursi dari Dapil Sulawesi Tengah 3 (Kabupaten Tolitoli-Buol) dan Dapil Sulawesi Tengah 4 (Kabupaten Banggai, Bangkep dan Balut).

Demokrat mampu mempertahankan satu kursi dari Dapil Sulawesi Tengah 2 (kabupaten Parigi Moutong), Dapil Sulawesi Tengah 6 (kabupaten Donggala-Sigi). Demokrat juga harus kehilangan satu kursi dari Dapil Sulawesi Tengah 5 (kabupaten Poso, Touna, Morowali dan Morowali Utara) dari sebelumnya meraih dua kursi.

Untuk Dapil Sulawesi Tengah 1 (Kota Palu), Demokrat mencatatkan prestasi setelah mampu mengirimkan wakilnya ke DPRD Sulawesi Tengah, diman Dapil ini pada Pemilu sebelumnya Demokrat tidak mendapatkan kursi.

Dari Dapil 1, Demokrat akan diwakili Moh Hidayat Pakamundi, Dapil 2 diwakili Moh Nur Dg Rahmatu, Dapil 5 ada Ellen Esther Plealu dan Dapil 6 masih diwakili Marlela Dg Sute.

Meskipun kehilangan kursi wakil pimpinan dewan, tetapi wakil rakyat yang terpilih dari Demokrat merupakan politikus berpengalaman, bahkan Ellen Pelealu saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Poso.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas