Home Pendidikan

BI Sediakan Beasiswa Mahasiswa Untad dan IAIN

Miyono. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tengah menganggarkan dana senilai Rp1,2 miliar untuk beasiswa 100 mahasiswa tahun ini.

Beasiswa tersebut diberikan kepada masing-masing 50 mahasiwa di Universitas Tadulako (Untad) Palu dan 50 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.

Penyerahan beasiswa tersebut dimulai dengan penandatanganan akta oleh BI dengan pihak Rektor di IAIN Palu pada Selasa 21 Mei 2019 lalu.

“Mulau hari ini (Selasa) BI sudah menandatangani. Sekalian tadi BI memberikan kuliah umum, dosennya oleh saya sendiri,” ungkap Kepala BI Sulteng Miyono.

“Tahun ini kita sudah meberikan beasiswa kepada 50 mahsiswa IAIN dan 50 Mahasiswa Untad yang prestasinya bagus tapi berasal dari keluarga kurang mampu,” katanya.

Pihak BI memprioritaskan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi namun juga berasal dari keluarga kurang mampu, sehingga meringankan beban keluarga mereka untuk meningkatkan kualitas SDM generasi muda.

“Untuk yang IAIN itu per mahasiswa dapatkan Rp1 juta sebulan. Atau Rp12 juta satu tahun, dibayar setiap semester,” jelasnya.

Untuk kesuluran dana yang disiapkan bagi para penerima beasiswa tersebut sebesar Rp1,2 miliar tahun ini. Setiap mahasiswa akan menerima Rp6 juta setiap 1 semester.

Pihak BI juga akan mengevaluasi mahasiswa yang medapatkan beasiswa. Jika terdapat mahasiswa yang dianggap tidak layak untuk menerima beasiswa akan di alihkan ke mahasiswa lainnya yang lebih pantas.

Untuk menyalurkan beasiswa ini, pihak BI benar-benar melihat prestasi dan latar belakang keluarga mahasiswa tanpa melihat faktor kedekatan.

“Jadi, benar-benar mahasiswa yang berprestasi dan keluargnya kurang mampu,” tandasnya.

Reporter: Tahmil Burhanudin
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas