Home Sulteng

90 Persen Anak Pasigala Miliki Akta Lahir

Abd Haris Yatolembah. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulteng Abd Haris Yatolembah mengungkapkan kepemilikan akta kelahiran anak di wilayah Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) telah mencapai 90 persen.

Capaian kepemilikan salah satu administrasi kependudukan tersebut berkat kerjasama dengan Unicef pada April lalu. Kerjasama mencakup pelayanan kartu kelurga, akta kelahiran dan akta kematian.

“Alhamdulillah, kerjasama kami dengan Unicef mendapat sambutan hangat dari masyarakat,” ungkap Haris di Palu, Senin, 20 Mei 2019.

Dia mengatakan pihaknya bersama Unicef membuka sedikitnya 27 titik pelayanan yang tersebar di Pasigala. Salah satu titik pelayanan untuk Kota Palu dipusatkan di Kelurahan Duyu.

Sasaran kerjasama bersama Unicef kata Haris sengaja memilih wilayah terdampak bencana yaitu Pasigala. Tujuannya dalam mengenjot kepemilikan administrasi kependudukan kartu kelurga, akta kelahiran dan akta kematian.

Akta kelahiran merupakan akta catatan sipil hasil pencatatan terhadap peristiwa kelahiran seorang anak. Perlu diketahui salah satu pentingnya kepemilikan akta kelahiran yaitu sebagai bentuk legalitas kelahiran anak agar terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK) dan diberi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Haris menambahkan meski saat ini pesta demokrasi telah usai, Disdukcapil se Sulteng tetap gencar melakukan pelayanan administrasi kependudukan secara jemput bola, khususnya perekaman dan pencetakan e-KTP.

Untuk ketersediaan blanko E-KTP, Dinas Dukcapil Provinsi Sulteng akan terus berupaya mendapat tambahan dari pemerintah pusat. Blanko yang masuk ke Sulteng akan langsung disalurkan ke Dinas Dukcapil kabupaten/kota.

“Saya berharap Dinas Dukcapil kabupaten/kota terus konsisten memberikan pelayalan maksimal kepada masyarakat,” tandas Haris.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas