Home Palu

Penyaluran Dana Stimulan Tunggu Verifikasi Data Kelurahan

262
Presley Tampubolon. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu Presley Tampubolon mengungkapkan, soal penyaluran pidana stimulan rumah rusak, pihaknya masih menunggu data verifikasi yang dilakukan oleh sejumlah Kelurahan.

Presly mengatakan, sebanyak 1.594 warga Kota Palu yang akan menerima dana stimulan. Ribuan masyarakat tersebut harus di verifikasi identitasnya, mulai dari KTP, Kartu Keluarga (KK) serta bukti-bukti kepemilikan rumah dan tanah.

“Setelah dilakukan verifikasi data, baru akan dibuatkan penetapan Walikota Palu, kemudian sambil menunggu, kami melakukan persiapan Tim Fasilitator. Sekarang ini kita tinggal menunggu data dari Kelurahan, jika verifikasi itu sudah selesai, maka kita lanjutkan ke tahap ketiga,” jelas Presly melalui ponselnya, Senin, 20 Mei 2019.

Presly mengatakan, pada tahap ketiga, BPBD Kota Palu akan membangun kelompok masyarakat (Pokmas).

“Jika berdasarkan panduan keputusan Gubernur, di dalam satu kelompok masyarakat yang dibentuk terdiri dari 10 sampai 20 orang, jika ini sudah terbangun, maka Lurah membuatkan SK, dalam satu pokmas itu siapa saja Ketua, Sekretaris dan Bendahara, kemudian baru akan dibuatkan nomor rekening, setelah itu baru kita masukkan dananya 100 persen ke dalam rekening tersebut,” katanya.

Presly mengaku dana stimulan ini telah berada di rekening BPBD, dana itu akan ditransfer apabila rekening kelompok masyarakat telah ada.

“BPBD pasti akan transfer 100 persen ke rekening pokmas, untuk penggunaannya nanti akan didampingi fasilitator serta tim teknis, dalam mengambil tahapan sesuai dengan penyelesaian pekerjaan,” ujarnya.

Terkait pembangunan rumahnya, Presly mengungkapkan akan dikelola secara gotongroyong oleh masyarakat.

“Jadi nanti kelompok masyarakat ini yang mengatur sistemnya, pilihan rumah yang tahan gempa dan lain sebagainya,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas