Home Politik

Panlih Wagub Verifikasi Berkas Calon

248
Muharram Nurdin. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur Sulawesi Tengah bergerak cepat mensukseskan pelaksanaan pemilihan Wagub. Dua nama yang disodrkan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, kini tengah diverifikasi berkasnya.

Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah yang juga anggota Panlih, Muharram Nurdin, menegaskan saat ini Panlih tengah melakukan klarifikasi berkas dua nama calon yakni Rusli Dg Palabbi dan Andi Mansur Pasande.

Proses verifikasi itu dilakukan setelah dua nama itu dinyatakan memenuhi syarat dukungan rekomendasi partai politik pengusung. Untuk lanjut ketahap berikutnya, berkas persyaratan harus diverifikasi dulu.

Adanya perbedaan nama Andi Mansur Pasande antara ijasah dengan persyaratan lainnya, juga menjadi titik fokus Panlih. Sebab, Panlih tidak ingin dua nama yang akan ditetapkan itu cacat hukum dan menimbulkan masalah dikemudian hari.

“Perbedaan nama Andi Mansur Pasande merupakan salah satu yang diklarifikasi oleh Panlih. Untuk ijazah SMA sudah ada klarifikasi dari sekolah yang menerbitkan ijazah tersebut. Ijasah S1 juga sudah ada keterangan dari Dekan FKIP Untad, hanya ijazah S2 saya belum lihat apakah sudah masuk atau belum, karena saya masih diluar kota,” tulis Muharram via pesan singkat, Minggu 19 Mei 2019.

Terkait jadwal penetapan calon Wagub, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Alimuddin Paada, saat dikonfirmasi Minggu 20 Mei 2019, belum memberikan kepastian karena masih menuntaskan perbedaan nama di ijazah milik calon Andi Mansur Pasande.

“Memang ada perbedaan nama, makanya Panlih sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan, semua aspek hukumnya menjadi pertimbangan agar tidak menjadi temuan dikemudian hari. Bila semua sudah beres, barulah ditetapkan jadwal penetepan calon dan pemilihannya,” tutur Alimuddin Paada.

Sementara itu, Andi Mansur Pasande, menegaskan bahwa semua berkas persyaratan miliknya sudah memiliki surat keterangan. Dirinya juga sudah dimintai keterangan oleh Panlih terkait perbedaan nama itu.

“Saya rasa tidak ada masalah lagi. Doakan saja semua lancar, supaya DPRD segera rapat paripurna penetapan calon,” tuturnya.

Namun demikian, hingga Senin 20 Mei 2019, DPRD Sulawesi Tengah belum melaksanakan rapat paripurna penetapan calon.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas