Sabiin Sy. Lanta. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) wilayah Sulawesi Tengah pada ramadhan tahun ini mencanangkan target dapat menghimpun dana zakat dari muzakki sebanyak Rp1 miliar.

Hal itu dikatakan Kepala Perwakilan IZI Sulteng, Sabiin Sy Lanta saat ditemui Metrosulawesi di kantornya Jalan Tanjung Dako Kota Palu, Senin (20/5/2019). Menurutnya, metode penghimpunan zakat 2019, lebih menjurus kepada upaya edukatif kepada muzakki (orang yang wajib bayar zakat) untuk meringankan beban korban bencana di sejumlah Kabupaten di Sulteng.

“Tahun ini, kampanyenya lebih kepada zakat ringakan beban. Bagaimana kemudian Muzakki teredukasi dengan program zakat sebagai kewajiban. Kita tetap pasang target demikian,” katanya.

Untuk merealisasikan hal itu, kata Sabiin, pihaknya sejak awal ramadhan telah mempersiapkan gerai yang tersebar di sejumlah pusat-pusat perbelanjaan di Kota Palu.

“Kami mencanangkan gerai seperti tahun-tahun sebelumnya, dan fasilitas jemput zakat dimana hanya tinggal mengubungi kami via telepon, whatsapp dan zakatpedia.com (situs bayar zakat),” tuturnya.

Dirinya menambahkan, bencana yang terjadi, merubah pola sebagian besar masyarakat soal zakat, dari yang tadinya muzakki menjadi mustahik (orang yang berhak menerima zakat).

“Itu sudah lumrah karena banyak masyarakat yang mempercayakan kepada kami, kini harus menjadi mustahik karena kehilangan sebagian besar hartanya, bahkan raip ditelan bumi. Akhirnya harus diintervensi dengan dana zakat,” katanya.

Meski demikian, IZI Sulteng tetap optimis melihat antusiasme muzakki di Sulteng. Palagi menurutnya, misi yang dibawa adalah untuk bagaimana masyarakat di pengungsian dapat melaksanakan hari raya lebaran dengan suka cita.

“Orang di Sulteng ini sudah teruji kepekaannya, bahkan dalam kondisi terpuruk, masih saja memperhatikan saudaranya. Dan itu sudah di survei, sehingga kami terus ada, berinovasi melayani,” tambahnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas