SAMBUTAN - Pembimas Hindu Anak Agung Ananta Putra saat menyampaikan sambutan di kegiatan Orientasi Pembinaan dan Pengembangan Kualitas Penyuluh Agama Hindu Non PNS di salah satu Hotel di Palu, Sabtu, 18 Mei 2019. (Foto: Humas Kanwil Kemenag Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Pembimas Hindu Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng menggelar kegiatan Orientasi Pembinaan dan Pengembangan Kualitas Penyuluh Agama Hindu Non PNS di salah satu Hotel di Palu, Sabtu, 18 Mei 2019.

Kegiatan yangh diikuti 60 orang peserta penyuluh Agama Hindu Non PNS se-Sulteng bertujuan meningkatkan kualitas penyuluh agama hindu.

Mewakili Kankanwil Kemenag Sulteng Pembimas Hindu, Anak Agung Ananta Putra mengatakan penyuluh sebagai penerang, motivator, konsultan dan narasumber, karena penyuluh berhadapan terus dengan masyarakat dengan berbagai persoalan dan pemasalahan.

“Olehnya itu tugas penyuluh Agama Hindu mampu menjalankan tugas sebagai konselor yang menasehati, mendampingi serta mampu membimbing umat. Wujudkan keadaan harmonis, rukun, damai serta menjadi contoh yang baik,” ujarnya.

Penyuluh agama kata dia, harus mampu menguasai teknologi (IT) dengan bijak. Selain itu, penyuluh harus menjadi yang terdepan dalam menyampaikan dharma.

“Selain itu penyuluh harus menjadi penyejuk di tengah masyarakat serta membangun suasana damai, harmonis, rukun di lingkup kerjanya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan, Pipit Budiarto mengatakan penyuluh agama berperan sebagai pembimbing, panutan, perpanjangan tangan dari pemerintah dan pembangunan bidang agama di masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyuluh dalam siar, bimbingan dan pembinaan di masyarakat,” katanya.

Kata Pipit, kegiatan tersebut mengusung tema “Revitalisasi Peran Penyuluh Agama Hindu sebagai Konselor dan Pendamping Umat”.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 18 – 19 Mei 2019. Adapun narasumber dari eselon I, II dan III lingkup Kemenag serta praktisi pada bidangnya,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas