Home Palu

MAN 2 Palu Umumkan Kelulusan Melalui Ponsel

PENGUMUMAN - Sejumlah siswa-siswi MAN 2 Palu saat melihat hasil pengumuman kelulusan di mading sekolah, Senin, 13 Mei 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Palu mengumumkan hasil kelulusan siswa kelas XII menggunakan dua cara, pertama melalui ponsel dan kedua melalui mading (majalah dinding) sekolah. Tujuan diumumkannya melalui dua mekanisme tersebut untuk meminimalisir siswa-siswi coret-coret seragam sekolah dan konvoi di jalanan.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum MAN 2 Palu, Laode Umara mengungkapkan, untuk pengumuman kelulusan menggunakan ponsel dilakukan oleh masing-masing wali kelasnya melalui grup Whatsapp.

“Untuk tahun ini, tidak semua siswa MAN 2 Palu lulus 100 persen, hal itu dikarenakan ada satu siswa tidak ikut Ujian Nasional (UN), kemudian dua orang dinyatakan tidak lulus karena presentase kehadiranya tidak memenuhi syarat. Seharusnya presentase kehadiranya itu 75 persen, tetapi ketika dihitung tidak mencukupi,” ujarnya.

Kata dia, kedua siswa yang tidak lulus itu karena hanya mengikuti belajar di sekolah pada awal Agustus, sementara di bulan-bulan lainnya tidak mengikuti proses belajar di sekolah.

“Pihak sekolah juga baru mengetahui bahwa kedua siswa ini telah menikah. Ketika dicari tahu oleh guru kenapa tidak hadir-hadir di sekolah, ternyata informasi yang diperoleh oleh sekolah, keduanya telah menikah,” katanya.

Laode mengatakan, jumlah kelas III yang terdaftar di Data Pokok Penidikan (DAPODIK) sebanyak 317 orang, sementara yang lulus 314, sisanya tiga orang tidak lulus karena tidak mengikuti prosedur yang diterapkan oleh pihak sekolah.

“Kebetulan juga pengumuman kelulusan pada bulan suci Ramadan, pasti para siswa tidak ada yang terlalu berhura-hura seperti coret-coret baju. Kami juga pihak sekolah telah mengevaluasi, jika semua siswa dikumpulkan dalam satu ruangan, biasanya itu para siswa pasti meluapkan kegembiraannya melalui berbagai cara,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas