MUSNAHKAN SABU - Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Lukman Wahyu Hariyanto, saat memasukkan barang bukti narkoba jenis sabu ke dalam air mendidih yang sudah disiapkan. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Polda Sulteng memusnahkan barang bukti kasus narkoba sebanyak 2 kg jenis sabu di halaman belakang Mapolda Sulteng, Jumat 10 Mei 2019. Sabu itu diperoleh dari empat tersangka.

Pemusnahan dipimpin langsung Kapolda Sulteng, Brigjen Polisi Lukman Wahyu Hariyanto. Pemusnahan narkoba dilakukan dengan cara memasukkan sabu tersebut ke dalam air mendidih.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sulteng, Kombes Polisi Sigit Kusmardjoko kepada wartawan menjelaskan, sabu-sabu yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil pengungkapan yang dilakukan anggotanya yang dipimpin Kasubdit III AKBP P Sembiring terhadap empat tersangka yakni IR (27), FC (33), YH (39), dan AL (26).

“Sesuai penetapan status barang sitaan narkotika/prekursor narkotika dari Kejari Palu dengan nomor: Prin-724/R.2.10/Euh.1/03/2019 pada tanggal 15 Maret 2019, sabu yang dimusnahkan milik tersangka IR adalah seberat 88,5405 gram dan sisanya seberat 30,2717 gram disisihkan untuk keperluan uji lab dan pembuktian di pengadilan,” ungkapnya.

Sementara barang bukti yang dimusnahkan milik tiga tersangka yakni FC (33), YH (39), dan AL (26) itu adalah seberat 1.961,71 gram dan sisanya seberat 46,68 gram disisihkan untuk keperluan uji lab dan pembuktian di pengadilan, berdasarkan penetapan status barang sitaan narkotika/prekursor narkotika dari Kejari Palu dengan nomor: Prin-1890/R.2.10/Euh.1/04/2019 pada 12 April 2019.

“Upaya ini adalah harapan kita menekankan dan bisa mengungkap sampai kepada akar-akarnya, supaya barang-barangnya tidak sampai beredar dan tidak merusak generasi penerus khususnya wilayah Palu ini,” ujarnya.

Sebelum di musnahkan, babuk narkoba diuji keasliannya oleh tim dokes Polda Sulteng, dan hasil dari uji tersebut juga di saksikan oleh undangan yang hadir termasuk awak media yang meliput.

Pemusnahan Babuk narkoba jenis sabu tersebut, dilakukan dengan cara direbus dengan air mendidih, dan apa bila barang bukti sabu tersebut sudah mencair, langsung di buang di kloset Wc, dengan disaksikan wartawan dan dijaga ketat oleh personel Provost Polda Sulteng.

Pemusnahan ini disaksikan perwakilan Pengadilan, BNN Provinsi , Balai POM, tokoh agama, masyarakat dan sejumlah wartawan media cetak dan elektronik.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas