Home Pendidikan

Siswa Madrasah Harus Tingkatkan Akhlak

218
Dr Djamil M Nur. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Madrasah, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Dr Djamil M Nur mengharapkan siswa-siswi madrasah di Sulteng selama bulan suci Ramadan 1440 Hijriah lebih meningkatkan iman dan akhlaknya.

“Maka dalam proses belajar mengajar kami juga menginstruksikan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) agar melaksanakan kegiatan pembinaan akhlak seperti pesantren kilat dan kegiatan keagamaan lainnya,” ujar Dr Djamil, Selasa, 7 Mei 2019.

Kata dia, Kemenag Sulteng telah mengeluarkan surat edaran untuk sejumlah Madrasah terkait libur awal Ramadan, untuk Madrasah ditetapkan liburnya selama tiga hari sejak 6-8 Mei 2019.

“Pada 9 Mei 2019 baru akan kembali dimulai proses belajar mengajar seperti biasa. Dalam proses KBM itu kami sangat berharap para guru lebih membina akhlak siswa, sebab yang dikedepankan saat ini adalah pembinaan akhlak,” katanya.

Sementara itu kata Djamil, untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di jenjang Madrasah, yang sudah membuka PPDB diawal ini adalah MAN Insan Cendekia Palu, sebab PPDBnya dilaksanakan secara nasional.

“Untuk saat ini mungkin PPDBnya hanya sebatas pengambilan formulir, tetapi untuk secara teknis proses PPDB seperti tes dan lainnya itu dimulai pada Juni setelah ujian semester genap,” ungkapnya.

Djami mengatakan, hari pertama sekolah ditetapkan Juli 2019, sehingga sudah pasti di Juni mendatang sudah dimulai PPDB.

“Karena animo masyarakat saat ini sudah sangat baik terhadap masyarakat, maka diharapkan Madrasah agar melayani orang tua siswa dengan baik. Kemudian dalam seleksi PPDB, madrasah diharapkan dapat menyeleksi siswa dengan baik,” ujarnya.

Kata dia, bacaan tulis AlQuran serta akademik siswa perlu di tes dengan baik, sehingga nanti siswa-siswi yang masuk madrasah unggul dalam bidang keagamaan serta akademik.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas