Home Sulteng

Prancis Bantu Sulteng Rp16 Miliar

243
SALURKAN BANTUAN - Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet didampingi Parlemen Prancis Mrs Anne Genetet menyalurkan bantuan untuk Sulteng yang disaksikan Gubernur H Longki Djanggola di Palu, Selasa, 7 Mei 2019. (Foto: Humas Pemprov)
  • Untuk Penanaman Mangrove dan Nelayan Terdampak Bencana

Palu, Metrosulawesi.id – Provinsi Sulteng mendapat bantuan dari Pemerintah Prancis sebesar 1 juta euro atau Rp16 miliar. Penyerahan bantuan disaksikan Gubernur H Longki Djanggola di Ruang Kerjanya di Palu, Selasa, 7 Mei 2019.

Bantuan tersebut diperuntukkan penanaman mangrove di pesisir Teluk Palu dan untuk nelayan terdampak bencana yang diserahkan langsung Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet didampingi Parlemen Prancis Mrs Anne Genetet. Gubernur Longki dan Duta Besar Prancis bersama Anggota Parlemen Prancis menandatangi dokumen bantuan sebagai saksi.

Adapun jenis bantuan yang disalurkan berupa pohon mangrove yang akan ditanam di sepanjang pesisir Pantai Teluk Palu. Sementara untuk nelayan diberikan perahu, peralatan tangkap ikan sebanyak 650 unit dan untuk pemberdayaan ekonomi nelayan.

Duta Besar Prancis Jean Charles Berthonnet menyampaikan rasa bangga bisa kembali ke Palu untuk melihat kondisi masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi. Sebelumnya Pemerintah Prancis sudah memberikan bantuan air bersih untuk masyarakat.

Gubernur Longki Djanggola mengucapkan terimakasih atas kunjungan Duta Besar Prancis dan rombongan yang sekaligus memberikan bantuan.

“Atas nama masyarakat, saya sangat berterimakasih atas perhatian dan bantuan Pemerintah Prancis, khususnya kepada masyarakat nelayan,” ucap Longki.

Longki mengapresiasi bantuan Pemerintah Prancis karena langsung disalurkan kepada masyarakat melalui NGO. Pemerintah Provinsi melalui Dinas Perikanan dan Kelautan hanya melakukan Monitoring agar bantuan kedepan tidak tumpang tindih dengan kegiatan rencana aksi yang akan dilakukan Pemprov. Gubernur juga mengharapkan kedepan Pemerintah Prancis dapat membantu perumahan masyarakat nelayan.

“Saat ini Pemerintah Prancis sudah memberikan bantuan pemberdayaan ekonomi, kedepan kita harap dapat memberikan bantuan perumahan kepada nelayan,” ujarnya.

“Bantuan yang diberikan sangat baik karena langsung kepada masyarakat,” tandas gubernur. (*)

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas