Home Pendidikan

SMK di Palu Dominasi Juara Pertama LKS Provinsi 2019

606
FOTO BERSAMA - Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah Wilayah 1 Palu dan Sigi Hj Maimun Lawira saat foto bersama dengan para pemenang lomba serta para kepsek SMK, belum lama ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi 2019. Kegiatan tersebut diselenggarakan di beberapa SMK di Palu belum lama ini.

Kepala Disdikbud Palu, Irwan Lahace mengungkapkan, dalam rangka ikut berpartisipasi dalam pencapaian target millenium development goals, siswa SMK dituntut untuk memperbaiki kualitas pendidikannya, serta memberi kesempatan yang sama bagi siswa untuk meraih prestasi setinggi-tingginya.

“Di era milenial ini, untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan pas kerja, siswa SMK harus memiliki keahlian maupun keterampilan abad 21, sebagai bagian dari proses pengembangan sumber daya manusia (SDM). Maka pendidikan di SMK harus mampu menghasilkan lulusan yang mampu mengisi dan menciptakan lapangan kerja,” ujar Irwan.

Irwan berharap, siswa SMK mampu menunjukan keahliannya dan dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional.

“Maka penyelenggaraan pendidikan SMK harus senantiasa bertujuan untuk membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan kompetensi teknis yang relevan sesuai perkembangan zaman,” katanya.

Selain itu kata Irwan, lulusan SMK harus memiliki kemampuan generik yang harus dikuasai oleh setiap lulusan yang ditunjang dengan kemampuan softskill, antara lain kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah dan berinteraksi, serta mampu bekerjasama secara efektif dengan pihak lain.

“Lulusan SMK tentunya harus mempunyai karakter yang tangguh, mandiri, bertanggungjawab, kreatif dan berjiwa wirausaha,” ungkapnya.

Irwan mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah sebagai wadah untuk saling mengenal satu dengan yang lain. Siswa SMK se-Sulteng harus berada dalam satu bingkai yang sama.

“Untuk itu saya pesan kepada dewan juri bekerjalah secara profesional dan objektif, agar siapapun yang keluar sebagai pemenang adalah dia yang terbaik diantara siswa-siswi SMK di Sulteng,” ujarnya.

Ada 13 bidang yang di perlombakan diantaranya Automobile Technology, Bricklaying, Electronics, Electrical Instalation, Welding, Fashion Technology, Patisserie And Confectionery, Hairdressing, Restaurant service, Graphic Design Technology, IT Network System Administration, IT Sofware Solution For Bussiness, Web Technologies.

Dalam perlombaan itu, yang mendominasi juara 1 di ajang LKS tingkat Provinsi adalah siswa dari SMK Kota Palu, diantaranya SMKN 3 Palu meraih predikat juara 1 sebanyak 5 penghargaan, Begitupun SMKN 1 Palu juga meraih 5 penghargaan juara pertama. Sementara kebupaten lainnya yang meraih Juara 1 adalah SMKN 1 Labuan Donggala, SMK Informatika Komputer Touna dan SMKN 1 Bokat. Para pemenang juara 1 ini akan mewakili provinsi Sulteng ke tingkat nasional, yang akan digelar di Jogja, 7-13 Juli 2019.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas