Home Politik

Real Count KPU 34%, PKS dan PKB Belum Dapat Kursi

695
Sakinah Aljufri - Risharyudi Triwibowo. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Perebutan kursi DPR RI Dapil Sulawesi Tengah semakin sengit, dua partai politik yang mengklaim mendapatkan kursi DPR RI yakni PKS dan PKB, ternyata hingga Senin 6 Mei 2019 belum meraih kursi berdasarkan real count scan C1 Situng KPU.

Pantauan Metrosulawesi, Situng KPU sudah menginput 34% dan 9.190 TPS di Sulawesi Tengah. Partai Nasdem konsisten menempati urutan teratas perolehan suara. Hingga kemarin suara Nasdem mencapai 95.324.

Dari tujuh kursi yang diperebutkan, Nasdem secara otomatis meraih kursi pertama karena sebagai pemenang di Sulawesi Tengah, disusul Demokrat peraih kursi kedu dengan 67.524 suara, kursi ketiga milik Golkar dengan torehan 63.929 suara, kursi keempat Gerindra dengan 55.756 suara, kursi kelima PDIP dengan 44.485 suara, kursi keenam milik PAN dengan 37.542 suara dan kursi ketujuh diraih Nasdem dengan sisa suara 31.774.

PKB sendiri baru meraih 30.517 suara sementara PKS hanya 25.266 suara. Merujuk sistem konversi suara menjadi kursi dengan sainte lague, PKB dan PKS belum mendapatkan kursi karena hasil sisa pembagian suara Nasdem, kedua partai itu belum melampauinya.

Sebelumnya PKB mengklaim mendapatkan satu kursi DPR RI dengan raihan suara diatas 150.000 dengan caleg terpilih Risharyudi Triwibowo. Sedangkan PKS mengklaim Sakinah Aljufri lolos ke senayan.

Mengingat saat ini KPU Provinsi Sulawesi Tengah sudah melaksanakan pleno rekapitupasi penghitungan suara tingkat provinsi, diperkirakan dalam waktu satu pekan kedepan sudah ketahuan partai-partai pemilik kursi untuk DPR RI.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas