Home Pendidikan

Kepsek Diimbau Jaga Harmonisasi Selama Ramadan

221
Irwan Lahace. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah Irwan Lahace mengimbau seluruh kepala sekolah dibawah kewenanganya yakni kepala SMA/SMK dan SLB, serta guru dan siswa agar menjaga harmonisasi selama bulan suci Ramadan 1440 Hijiriah.

“Olehnya itu saya berharap bagi yang tidak berpuasa agar menghargai saudaranya yang berpuasa, agar tercipta harmonisasi di dalam lingkungan sekolah,” kata Irwan di ruang kerjanya, Senin, 6 Mei 2019.

Kemudian Irwan mengimbau juga jika ada jam-jam yang kosong di sekolah agar dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, misalnya melaksanakan tadarus Al Quran, pesantren kilat dan kegiatan lainya bagi siswa yang Islam, sementara bagi siswa yang non muslim juga beribadah sesuai keyakinannya.

“Selanjutnya mengenai libur, saya menekankan agar mengikuti sesuai dengan kalendar akademik yang sudah disepakati bersama, sehingga saya minta para kepsek, guru tidak boleh menambah libur, begitupun mengurangi libur. Mengenai libur ini telah disepakati kemarin melalui rapat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS),” ujarnya.

Irwan berharap kegiatan-kegiatan keagamaan ini berjalan dengan baik, dan tidak mengganggu pelajaran yang sudah teragendakan.

Sementara mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018/2019, Irwan mengungkapkan, untuk Kota Palu, PPDB jenjang SMA akan menerapkan sistem zonasi.

“Olehnya itu jika peserta didik dari daerah terdampak ingin masukkan anaknya di Palu, saya kira masih bisa berikan batas toleransi. Apalagi rumahnya hancur di Donggala, bahkan misalnya saat ini tinggal di rumah keluarganya di Palu untuk pindah sementara karena rumahnya hancur, maka PPDB tahun ini perlu pertimbangan semuanya, artinya saya tidak kaku dalam hal penerimaan siswa baru,” jelasnya.

Sebenarnya, kata Irwan, tujuan PPDB adalah jangan sampai ada anak yang tidak masuk sekolah.

“Untuk mulai PPDB, saya belum ketahui secara pasti, namun sudah ditentukan di Pos PPDB, tetapi kemungkinan bulan ini akan dibuka,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas