Komisioner KPU Kota Palu saat rapat pleno tingkat Kota Palu. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Hingga 6 Mei 2019, masih terdapat tiga kecamatan di Kota Palu yang bergekut dengan penuntasan rekapitulasi penghitungan suara dan rapat pleno tingkat PPK. Hal ini menyebabkan pleno tingkat Kota Palu molor dari target sebelumnya.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, kepada Metrosulawesi membenarkan tiga kecamatan itu yakni Kecamatan Tatanga, Kecamatan Palu Selatan dan Kecamatan Palu Timur masih menjalankan rekapitulasi dan rapat pleno tingkat PPK kemarin. Namun demikian, Agussalim menegaskan tiga kecamatan itu telah Selasa 7 Mei 2019 hari ini.

“Hari Senin semuanya sudah selesai melakukan rekapitulasi dan pleno. Kalau tidak ada hambatan lagi, targetnya paling lama 8 Mei 2019 pleno tingkat Kota Palu sudah selesai, dan besoknya akan dibawa ke pleno tingkat provinsi,” ujar Agus, sapaan akrabnya.

Penambahan waktu pleno tingkat kecamatan juga sesuai rekomendasi Bawaslu Kota Palu yang diterbitkan pada 4 Meio 2019. Jadi tahapan yang berjalan ditingkat kecamatan dipastikan sesuai mekanisme yang berlaku.

Kecamatan Mantikulore dan Kecamatan Palu Selatan merupakan dua wilayah dengan jumlah pemilih terbesar. Banyak TPS dan berkas yang mesti diselesaikan, menjadikan rekapitulasi berjalan cukup panjang, belum ditambah lagi protes dari saksi-saksi yang menambah panjang proses rekapitulasi tingkat kecamatan.

“Rencananya hari ini kami akan melakukan pleno untuk semua. Saya optimis paling lambat Rabu semuanya sudah selesai untuk selanjutnya diteruskan ke pleno tingkat provinsi,” tutur Agus.

Sejauh ini KPU Kota Palu sudah menuntaskan pleno dilima kecamatan, bahkan dua Dapil sudah rampung dengan daftar caleg terpilihnya, yakni Dapil 2 Kecamatan Palu Utara-Tawaeli dan Dapil 4 Kecamatan Palu Barat-Ulujadi.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas