Home Donggala

Jokowi Menang Telak di Donggala

Joko Widodo. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.id – Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin menang telak di Kabupaten Donggala. Kemenangan itu terllihat saat rapat pleno rekapitulasi perolehan suara yang dilaksanakan KPU Kabupaten Donggala, Sabtu 5 Mei 2019.

Dari 165.968 pengguna hak pilih di Kabupaten Donggala, Joko Widodo-Ma’ruf Amin merain 99.749 suara sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno meraih 64.195 suara.

Pasangan nomor urut 01 menang disemua kecamatan yang ada di Donggala dari enam belas kecamatan yang ada. Hampir disemua kecamatan Jokowi menang telak atas Prabowo, hanya beberapa kecamatan saja selisih suaranya tipis, seperti di Kecamatan Tanatovea.

Selisih 35.000 suara menjadikan Donggala sebagai salah satu lumbung suara kemenangan Jokowi di Sulawesi Tengah. Sebab, berdasarkan real count scan C1 Situng KPU, Jokowi saat ini menang telak dari Prabowo secara nasional.

Kemenangan Jokowi di Donggala nampaknya juga terjadi di kabupaten lain, seperti poso, Morowali dan Parigi Moutung. Meskipun hasilnya belum selesai dihitung, namun angka sementara real count KPU, daerah tersebut merupakan daerah basis kemenangan Jokowi.

Namun demikian, penetapan pemenang Pilpres menunggu rapat pleno KPU RI yang dimulai pada 22 Mei 2019 mendatang.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas