Home Palu

Awal Ramadan, Sekolah di Palu Libur Dua Hari

345
Ansyar Sutiadi. (Foto: Dok Metrosulawesi)
  • Libur Semester Genap 22 Juni-13 Juli 2019

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu Ansyar Sutiadi mengungkapkan, dalam rangka menyonsong bulan Suci Ramadan 1440 H, ditetapkanlah awal libur puasa mulai 6-7 Mei 2019. Penetapan itu sesuai dengan kalender pendidikan tahun pelajaran 2018/2019, serta hasil rapat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Palu.

“Setelah itu pada 8-18 Mei 2019 sejumlah sekolah kembali aktif melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) selama Ramadan. Proses KBMnya dimulai pada pukul 08.00-12.30 Wita,” jelas Ansyar melalui ponselnya, Minggu, 5 Mei 2019.

Selain itu kata Ansyar, ujian semester genap dilaksanakan pada 20-25 Mei 2019, setelah itu memasuki libur idul Fitri.

“Penetapan jadwal tersebut telah disampaikan ke sejumlah sekolah melalui Surat Edaran Disdikbud Palu. Libur semester genap ditetapkan pada 22 Juni-13 Juli, khusus untuk peserta didik, sementara hari permulaan sekolah tahun pelajaran 2018/2019 dimulai 15 Juli 2019,” kata Ansyar.

Ansyar mengimbau kepada para pendidik (guru) dan kepsek dalam melaksanakan KBM di bulan Suci Ramadan mengedepankan peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada peserta didik.

“Kemudian menjaga silaturahim sesama peserta didik. Sebab kita ketahui bersama, di sekolah itu ada juga siswa yang beragama selain Islam. Jadi dapat menjaga toleransi dan saling menghormati kepada saudara yang melaksanakan ibadah puasa tersebut,” ungkapnya.

Ansyar juga mengatakan dalam penerimaan peserta didik baru di jenjang SMP, tetap menerapkan sistem zonasi. Dengan adanya zonasi ini, input semua peserta didik ke sekolah itu merata, sehingga tidak ada lagi sekolah unggulan.

“Jadi dengan adanya zonasi pendidikan ini, tidak ada lagi yang merasa inputnya dari sekolah buangan,. Bahkan tahun depan kita PPDB negeri dan swasta sama-sama melaksanakannya, karena ini adalah instruksi Mendikbud RI,” ujarnya.

Olehnya itu Ansyar berharap pihak sekolah dapat menyesuaikan langkah-langkah yang sudah dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kota Palu.

“Karena mutu dan pendidikan itu bisa kita capai apabila kita memiliki program kegiatan yang memang mendukung. Maka sumber daya yang ada di sekolah tolong dihitung dan manfaatkan dengan baik,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas