Rusdi Mastura dan Ahmad M Ali. (Foto: Ist)
  • Jokowi Kalah di Palu Timur

Palu, Metrosulawesi.id – Dominasi Partai Nasdem untuk untuk DPR RI dalam perolehan suara belum bisa dikalahkan partai lain di Kota Palu. Dari tiga kecamatan yang sudah diplenokan di tingkat Kota Palu, Nasdem masih terlalu perkasa dalam meraih suara rakyat.

Seperti pada rapat pleno penghitungan suara tingkat Kota Palu, dari dua kecamatan yang diplenokan Kamis 2 Meri 2019, yakni Kecamatan Palu Utara dan Palu Timur, perolehan suara Nasdem jauh mengalahkan partai politik lainnya.

Di Kecamatan Palu Utara, dari 12.068 yang menggunakan hak pilih, Nasdem meraih sedikitinya 30% atau 4.666 suara. 3.000 lebih suara itu disumbang oleh Rusdi Mastura untuk Nasdem. Golkar yang mengikuti diurutan dua hanya meraih 1.328 suara dari Palu Utara.

Begitupun dikecamatan Palu Timur, Nasdem juga menunjukkan dominasinya dengan menjadi satu-satunya partai politik yang meraih suara lebih dari 5.000 disatu kecamatan. PDIP berada diurutan kedua dengan capaian 2.942 suara.

Dari tiga kecamatan yang sudah melakukan pleno tingkat Kota Palu, yaitu Kecamatan Tawaeli, Kecamatan Palu Utara dan Kecamatan Palu Timur, Nasdem sudah mengumpulkan 13.733 suara. Perolehan itu unggul jauh dari Golkar, Gerindra, PKS, PDIP dan Demokrat.

Jika Nasdem mendominasi perolehan suara dari tiga kecamatan itu, berbeda halnya dengan perolehan suara calon presiden dan wakil presiden. Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin tidak mampu mengejar suara pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno di Kecamatan Palu Timur.

Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin meraih 10.123 suara sementara Prabowo-Sandiaga S Uno mendapatkan 11.548 suara. Palu Timur menjadi Kecamatan Pertama yang dimenangkan Prabowo di Kota Palu, karana pada dua kecamatan lainnya Palu Utara-Tawaeli, Jokowoi memperoleh suara lebih tinggi dari Prabowo.

Meskipun sudah tiga kecamatan diplenokan ditingkat Kota Palu, namun raihan suara tersebut bukan hasil akhir. Karena masih terdapat lima kecamatan yang belum diplenokan ditingkat Kota Palu. Rencananya, KPU Kota Palu kembali melaksanakan pleno Jumat 2 Mei 2019 berdarkan kecamatan yang sudah selelai ditingkat PPK.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas