Home Palu

Kepsek: Jaga Nama Baik Sekolah

PELEPASAN - Kepala SMPN 2 Palu, Ninik, saat melepas secara simbolik atribut siswa kelas sembilan SMPN 2 Palu, sebagai tanda berakhirnya masa sekolah mereka di jenjang SMP, belum lama ini. (Foto: Ist)
  • Acara Perpisahan di SMPN 2 Palu

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 2 Palu belum lama ini menggelar acara perpisahan siswa kelas IX, di halaman sekolah tersebut. Kegiatan ini dimeriahkan dengan beragam penampilan pentas seni.

Kepala SMPN 2 Palu, Ninik mengharapkan para yang lulus agar meneruskan pendidikan di tingkat selanjutnya, serta menjadikan ilmu yang diraih selama tiga tahun di SMPN 2 Palu sebagai tangga dasar untuk kejenjang pendidikan selanjutnya.

“Dimana ada pertemuan disitu ada perpisahan. Begitulah dengan para siswa-siswiku, mereka mulai diterima di SMPN Negeri 2 Palu dalam keadaan penuh harapan, mulai dari proses penerimaan siswa baru, kemudian setelah diterima diajarkan, dididik, dibimbing, diarahkan, sehingga sampai pada hari ini, kalian telah mengikuti ujian USBN dan UNBK, terus tingkatkan semangat kalian untuk menuntut ilmu,” ujarnya.

Ninik berharap, ilmu yang diberi selama tiga tahun di SMPN 2 Palu bisa menjadi tangga yang kokoh, untuk menaiki tangga berikutnya, sehingga dapat mencapai cita-cita.

“Kalian harus rendah diri dan membawa etikat baik dimanapun kalian berada, dan dapat mencapai mimpi, target, cita-cita dan hidup kalian. Jaga nama baik SMPN 2 Palu,” katanya.

Kata dia, jangan takut bermimpi dan mewujudkan mimpi, temukan nilai dalam diri, sebab di setiap individu memiliki bakat dan prestasi yang berbeda.

“Dalam diri, talenta ada pada masing-masing orang, dan kejarlah itu, untuk mendapatkan yang terbaik,” katanya.

Menurutnya, seorang yang sukses adalah seseorang yang mampu melihat bakat dan potensi yang dimilikinya, serta mampu mengembangkan bakat dan potensi tersebut. Dia mengimbau, pada saat pelulusan nanti, luapkan kegembiraan dengan sujud syukur.

“Jangan ada konvoi-konvoi di jalan, jaga keamanan dan ketertiban,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi mengatakan, proses pendidikan ini adalah proses pendidikan dasar.

“Selama 3 tahun mengikuti proses belajar di SMPN Negeri 2 Palu, pasti banyak kesan, banyak suka duka, banyak pengalaman yang dilalui. Pengalaman tersebut modal utama untuk maju ke level berikutnya, yaitu level pendidikan menengah,” jelasnya.

“Saya berpesan kepada anak-anakku sekalian, boleh berbangga, boleh berbahagia, namun jangan sampai lupa untuk mempersiapkan diri masuk ke jenjang yang lebih tinggi. Olehnya, mari kita menjaga almamater dan nama baik sekolah kita, dan tidak lupa, juga harus mampu bersaing di sekolah menengah,” ungkapnya.

“Kita ketahui, SMPN 2 merupakan salah satu sekolah unggulan, sekolah yang memiliki prestasi, bahkan sekolah ini ditetapkan sebagai sekolah olahraga, sekolah berstandar internasional,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas