Bendahara Umum DPP Partai Nasdem, Ahmad M Ali, saat jumpa kader partai Nasdem di Kabupaten Morowali beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)
  • Real Count C1 KPU

Palu, Metrosulawesi.id – Partai Nasdem Kabupaten Morowali hampir dipastikan meraih posisi Ketua DPRD Kabupaten Morowali, berdasarkan real count scan C1 KPU. Tersisa 76 TPS dari 414 TPS, Nasdem meninggalkan jauh pesaingnya dalam perolehan suara.

Hingga pukul 16.00 Wita, Rabu 24 April 2019, torehan suara partai Nasdem nampaknya sudah tidak terkejar lagi oleh partai lain. Berdasarkan Sistem Informasi Perhitungan (Situng) KPU, Nasdem meraih suara 17,7% atau 10.866 suara dari tiga daerah pemilihan.

Situng KPU menunjukkan Nasdem menjadi pemenang disemua daerah pemilihan di Morowali. 338 TPS yang sudah masuk dari 414 TPS yang ada di Morowali, Nasdem meninggalkan jauh Partai Demokrat yang berada diurutan kedua, dengan perolehan 11,45% atau 7.167 suara.

Diurutan ketiga ditempati Gerindra dengan torehan suara 9,88% atau 6.292. Namun posisi ini rawan disalip partai Golkar yang meraih 9,35% atau 5.950 suara yang berada di urutan keempat. Meskipun scan C1 merupakan real count KPU, namun penetapan pemenang Pemilu di Morowali masih menunggu rapat pleno KPU Morowali.

Kejutan diberikan oleh Partai Perindo. Meskipun baru berpartisipasi pada Pemilu 2019, namun di Morowali Perindo sementara menempati urutan ke lima perolehan suara dengan total suara sementara 5.712 atau 8,97%. Perindo mengalahkan partai-partai lama yakni PKB, PDIP, Hanura, PKS dan PBB.

Meskipun suara partai Nasdem hampir pasti tidak terkejar mengingat sisa 76 TPS yang belum memasukan scan C1, namun perebutan di urutan 2-5 besar masih kemungkinan terjadi perubahan, khususnya di urutan ke tiga.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas